Menperin Bidik Jumlah Tenaga Kerja Sektor Industri Capai 19,66 juta Orang di Tahun 2020

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memproyeksikan jumlah tenaga kerja sektor industri mampu mencapai 19,66 juta orang pada tahun 2020.

"Kami proyeksi jumlah tenaga kerja capai 19,66 juta orang di sektor industri," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta (7/1/2020).

Menurutnya, seiring peningkatan investasi di sektor industri, tren penyerapan tenaga kerja juga terus bertambah. Hal ini terlihat pada kurun waktu 2015 hingga Agustus 2019, jumlah tenaga kerja sektor industri sudah mencapai 18,93 juta orang.

"Era industri 4.0 yang membawa perubahan pada peningkatan ekonomi berbasis digital, akan mampu menyerap banyak tenaga kerja baru terutama memanfaatkan bonus demografi yang sedang dialami oleh Indonesia hingga tahun 2030 mendatang," terangnya.

Adapun 3 (tiga) besar penyerapan tenaga kerja sektor industri hingga Agustus 2019 antara lain, industri makanan sebesar 4,74 juta orang, industri pakaian jadi 2,65 juta orang, dan industri kayu, barang kayu dan gabus, rotan dan sejenisnya mencapai 1,69 juta orang tenaga kerja.

Oleh karena itu, lanjut Agus, pihaknya terus berupaya menciptakan iklim usaha yang lebih baik di dalam negeri. Hal ini guna menarik investasi masuk di Tanah Air.

"Pemerintah tengah mengawal beberapa investasi besar sektor industri dari Taiwan dan Amerika Serikat, antara lain CPC Corporation (Taiwan) di sektor industri petrokimia, LiteMax (Taiwan) di sektor industri elektronika dan Smart City, Taiwan Sugar Corp (Taiwan) di sektor industri gula, dan UNICAL (AS) di sektor industri dirgantara," sebutnya.

Menperin Agus berjanji untuk terus mengawal investasi yang akan masuk ke Tanah Air agar serapan tenaga kerja di sektor industri akan semakin meningkat.

sumber:https://www.industry.co.id/read/59372/menperin-bidik-jumlah-tenaga-kerja-sektor-industri-capai-1966-juta-orang-di-tahun-2020

Posting Komentar

0 Komentar