Prediksi Tren Penelitian Tahun 2020 di Seputar Dunia Teknologi



Berubahlah atau Anda akan tergilas oleh perubahan zaman. Tentunya orang yang menciptakan kata-kata tersebut tidak sembarangan saat mengungkapkannya. Perubahan zaman memang wajib diikuti oleh yang ingin maju, yang ingin selalu bersaing pada level tertinggi.

Efek perubahan zaman ini berlaku untuk semua bidang kehidupan. Bedanya, ada yang mendapatkan pengaruh dengan begitu cepat, tetapi ada juga yang lambat. Bidang teknologi termasuk bidang yang mendapat pengaruh begitu cepat dari perubahan zaman. Siapapun yang ingin menekuninya, sebaiknya selalu memperbarui pengetahuannya.

Tak lama lagi kita akan memasuki tahun 2020 dan sudah tentu akan ada perubahan-perubahan di bidang teknologi yang perlu diantisipasi, baik oleh praktisi maupun akademisi. Yang disebut terakhir ini kudu sigap untuk mengikuti tren tahun 2020 dengan bersiap melakukan penelitian di bidang teknologi.

Pada tulisan ini akan dibahas beberapa bidang di dunia teknologi yang pada tahun 2020 diperkirakan akan makin diminati para peneliti. (Yahya Kurniawan)

Analisis Big Data


Ada sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa di masa mendatang, mata uang yang paling dicari adalah data. Lalu, dari manakah data didapatkan? Sebagian data memang didapatkan ketika kita menggunakan aplikasi gratis di ponsel pintar kita. Namun di luar perkara privasi, analisis big data memang dibutuhkan oleh berbagai sektor untuk melakukan personalisasi dan peningkatan layanan.

Saat ini, analisis big data lebih banyak digunakan untuk melakukan prediksi akan suatu hal atau perilaku pengguna. Namun peluang penelitian tentang analisis big data ini masih sangat terbuka lebar. Masih banyak hal yang bisa dikupas dari pengolahan big data, misalnya tentang tren bisnis, penyembuhan penyakit, dan penanggulangan kriminalitas.

Artificial Intelligence


Artificial intelligence atau kecerdasan buatan merupakan impian manusia sejak lama. Film-film fiksi sains tak jarang memiliki karakter robot yang bisa berbicara dan berpikir.

Tahun 2020 nanti, penelitian tentang kecerdasan buatan bakal makin intensif. Beberapa raksasa teknologi seperti Facebook, Google, IBM, dan Microsoft kompak menggelontorkan dana sangat besar untuk penelitian tentang kecerdasan buatan. Microsoft misalnya, baru-baru ini menanamkan investasi sebesar 1 milar dolar Amerika ke perusahaan bernama OpenAI yang fokus dalam pengembangan kecerdasan buatan.

Namun, memang tak dimungkiri ada banyak kekhawatiran tentang pengembangan kecerdasan buatan ini. Kekhawatiran itu pun diangkat beberapa film fiksi sains pula.

Edukasi Berbantukan Komputer

Komputer sudah lama digunakan sebagai sarana untuk belajar. Di masa mendatang, peran komputer bisa meningkat menjadi alat bantu untuk memberikan edukasi.

Para pendidik masih tetap memegang kendali akan materi yang perlu diberikan kepada peserta didik, hanya saja mereka akan lebih terbantu karena materi bisa diberikan secara personal kepada peserta didik dengan bantuan komputer. Peserta didik yang lebih cepat memahami materi bisa melangkah ke materi berikutnya, sementara yang belum paham bisa lebih terpantau dan dibimbing secara khusus.

Penelitian pada bidang ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Misalnya mereduksi waktu yang dibutuhkan untuk menguasai materi menggunakan edukasi berbantukan komputer itu.

Bioinformatics


Bioinformatics merupakan bidang yang menggabungkan ilmu biologi secara luas dan teknologi informasi. Tren penelitian yang menggabungkan kedua bidang ilmu itu sangat terbuka luas dan diperkirakan pada tahun 2020 nanti akan makin banyak dilakukan.

Metode komputasi akan sangat membantu memecahkan masalah yang sangat kompleks atau mempercepat proses penelitian dalam pengembangan materi alam tertentu. Misalnya saja penanganan informasi biologis kompleks yang ada pada DNA yang bisa berguna untuk tes DNA dalam penentuan identitas, atau pengelolaan informasi kompleks pada protein yang bakal berguna misalnya dalam pencegahan penyakit tertentu atau pengembangan obat-obatan.

Keamanan Siber


Di dunia nyata, diperlukan aparat tertentu yang bertugas menjaga keamanan. Ternyata di dunia maya juga dibutuhkan “aparat” yang mampu menjaga keamanan saat pengguna berselancar. Hal ini mutlak diperlukan karena saat ini sangat banyak sisi kehidupan manusia yang terkoneksi secara daring.
Mengingat model kejahatan di dunia maya makin beragam, diperlukan model pengamanan yang makin beragam juga. Itu sebabnya diprediksi pada tahun 2020, penelitian di bidang keamanan siber bakal makin diperdalam.
Munculnya peretasan melalui berbagai perangkat IoT (internet of things) makin mempertegas bahwa penelitian keamanan siber harus makin digencarkan. Pengamanan perangkat IoT yang tampak sepele sekalipun harus ditingkatkan.

Posting Komentar

0 Komentar