• Breaking News

    Sambut Smart City, Bumiayu Optimalkan Layanan Digital




    MALANG KOTA – Program Smart City yang digeber Pemkot Malang sejak 2019 disambut sejumlah kelurahan dengan menghadirkan berbagai inovasi. Salah satunya Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang. Upaya memudahkan layanan kepada masyarakat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital.
    Lurah Bumiayu Siswanto Heru Suparnadi SSos MM menyatakan, pihaknya fokus mengembangkan layanan berbasis teknologi melalui website. ”Website Kelurahan Bumiayu sudah dibuat sejak 2016, namun mulai dimaksimalkan fungsinya sejak tahun lalu,” terangnya.
    Melalui inovasi website ini, Bumiayu meraih juara 1 pada Anugerah Inovasi dan Kreativitas Informasi Digital (AIKID) 2019 yang diselenggarakan oleh Pemkot Malang. Dalam website kelbumiayu.malangkota.go.id tersebut, informasi secara lengkap disuguhkan untuk masyarakat. Antara lain informasi pengurusan akta kelahiran dan kematian, pengurusan nikah, pengurusan kartu keluarga (KK), serta pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
    ”Di website sudah ada informasi lengkap tentang tata cara, sampai form apa saja yang dibutuhkan,” paparnya. Selain itu, masyarakat Bumiayu juga bisa melakukan pengaduan online melalui website yang dikelola langsung oleh admin kelurahan.
    Heru menyebutkan, pihaknya selalu memperhatikan pengaduan yang diberikan oleh masyarakat dan langsung membalasnya. ”Biasanya kan permasalahan yang ada di desa itu internet. Nah, kami ingin membuktikan bahwa masyarakat di desa juga melek internet dan bisa memanfaatkannya dengan optimal,” pungkas Heru.
    Bumiayu yang memiliki 6 RW tersebut juga menghidupkan kelurahannya melalui ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dengan melakukan berbagai kegiatan. Seperti memproduksi jamu, tas dari berbagai bahan daur ulang, serta berbagai jenis keripik. Itu dilakukan sebagai upaya meningkatkan ekonomi warga. Berbagi produk yang dihasilkan oleh warga Bumiayu itu juga di-upload ke website. ”Dengan begitu, akan membuka peluang lebih besar dalam hal pemasaran produk,” tutupnya.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad