Smart City Enggak Cuma 5G, Tapi Juga Wifi 6, Teknologi Apa Itu?

Ilustrasi teknologi 5G.

Perusahaan elektronik yang bergerak di bisnis perangkat koneksi, Belkin International, kembali meramaikan pameran teknologi Consumer Electronics Show (CES) pada 7-10 Januari 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

Mengutip situs Techhive, Selasa, 14 Januari 2020, keikutsertaan Belkin bagian dari strategi perusahaan sejak diakuisisi raksasa kontrak manufaktur asal Taiwan, Foxconn Interconnect Technology, di pertengahan 2018. Belkin International membawahi empat produk unggulan yaitu Linksys, Wemo, Phyn, dan Belkin.

Kali ini, Belkin memamerkan 4 lini produk terbarunya di tahun ini dengan inovasi smart home terbaru, yakni Linksys 5G, Wifi 6, home scene control, serta solusi water monitoring terkini. Bicara teknologi 5G, Linksys tidak mau ketinggalan untuk memaksimalkan teknologi jaringan terbaru dan mendukung perkembangan smart communities.

Teknologi ini merupakan generasi kelima dari teknologi wireless yang menawarkan kecepatan lebih dalam mengunduh, solusi kendala jaringan, dan kemampuan untuk terhubung dengan lebih banyak perangkat.

Channel Sales & Marketing Manager Belkin Indonesia Representative, Ivona Radita Ariningtyas menuturkan, inovasi 5G Linksys dapat dijumpai pada Linksys 5G Mobile Hotspot, Linksys 5G Modem, Linksys Velop 5G Mesh Gateway, dan Linksys 5G Outdoor Router.


Kemudian, dalam menyambut masa depan dengan Wifi 6, Linksys juga diperkuat dengan Router Dual-Band Mesh WiFi 6 (MR9600) dan Velop WiFi 6 (AX4200). Teknologi 5G dan Wifi 6 ini cocok dengan pembangunan smart city.

"Kedua router ini bergabung dalam portofolio perkembangan Linksys dalam menyajikan standard wifi terbaru dan Intelligent MeshTM Technology untuk internet yang lebih cepat, luas, andal, dan mudah digunakan," tuturnya.

Melansir Prnewswire, Wifi 6 memperluas kecepatan data lebih ke perangkat yang jauh lebih banyak daripada Wifi 5. Jumlah perangkat yang terhubung pada jaringan wifi rata-rata diperkirakan bakal tumbuh dari 10 menjadi 50 selama beberapa tahun ke depan ini membutuhkan kecepatan, efisiensi, dan kemampuan wifi yang lebih cerdas.

Wifi 6 adalah standard generasi baru dalam teknologi wifi yang telah dirilis sejak September 2019. Teknologi ini juga dikenal dengan sebutan 802.11ax. Selain itu, Wifi 6 memiliki kemampuan memberikan koneksi yang empat kali lebih stabil untuk pengguna di area yang padat.

Hitungan detik

Dalam kesempatan yang sama, Wemo juga menghadirkan fitur scene control terbaru dalam line-up produknya untuk menciptakan pengalaman unik dan lingkungan pre-progammed sequences, dan setting.

Wemo Stage menyediakan hingga 6 scene atau setting dengan 3 tombol pengaturan singkat maupun panjang, serta Apple HomeKit yang cocok dengan para pengguna Apple Home App dan Siri.

"Wemo Stage mudah dipasang dan didesain sesuai dengan faceplates Wemo dan Decora, serta dapat digunakan sebagai remote control untuk kemudahan pengguna. Wemo juga menyediakan Wemo Wi-Fi Smart Plug terkecil yang menawarkan voice assistant untuk Amazon Alexa, Google Assistant, dan Siri via Apple HomeKit," jelas dia.

Selain itu juga ada Phyn Smart Water Assistant yang mudah dipasang, serta menyediakan informasi penggunaan fixture-by-fizture dan water monitoring di rumah. "Perangkat ini mengingatkan pengguna dalam hitungan detik bila mendeteksi adanya kebocoran," papar Ivona. Sayang, keempatnya saat ini masih belum tersedia di Indonesia.

sumber:https://www.viva.co.id/digital/digilife/1195884-instagram-hanya-bisa-diakses-oleh-sebagian-pengguna-saja?medium=autonext

Posting Komentar

0 Komentar