Telkomsel Suntik Dana ke Startup Berbasis IoT asal AS

Ilustrasi Pendanaan (Funding) Startup via The American Genius

Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) bersama MDI Ventures mengumumkan pendanaan seri B1 untuk Roambee, startup penyedia layanan logistik dan pemantauan aset berbasis internet-of-things (IoT).

Investasi ini merepresentasikan tingginya permintaan pasar industri digital Indonesia untuk menarik startup skala global ke Indonesia.

Berdiri sejak 2013, Roambee menghadirkan solusi smart logistics dan asset monitoring berbasis IoT untuk membantu pelanggannya memiliki sistem rantai pasokan digital guna meningkatkan bisnis perusahaan.

Roambee telah memiliki klien lebih dari 300 perusahaan di seluruh dunia, termasuk T-Mobile, Huawei, Oracle, dan Accenture. Saat ini, Roambee yang berpusat di Santa Clara, California, Amerika Serikat, telah memiliki kantor perwakilan di Meksiko, Brasil, Jerman, Afrika Selatan, Uni Emirat Arab, India, dan Malaysia.

"Kami sangat antusias dapat bermitra bersama Roambee melalui pendanaan ini. Layanan IoT merupakan salah satu mesin pertumbuhan bisnis digital Telkomsel," ujar CEO TMI Andi Kristianto dalam keterangan tertulis.

Sinergi dengan startup global, menurut Andi, diharapkan tidak hanya akan menambah portfolio Telkomsel di sektor IoT, tetapi juga "membuka peluang inovasi baru untuk menghadirkan teknologi IoT yang semakin matang dan tepat guna bagi pelaku industri".

"Kolaborasi dengan Telkomsel memungkinkan Roambee untuk memanfaatkan ekosistem Telkomsel yang lengkap, seperti jangkauan dan infrastruktur telekomunikasi masa depan Telkomsel, serta jaringan sales enterprise yang luas untuk menghadirkan solusi monitoring bagi perusahaan-perusahaan Indonesia dan Asia," tutur CEO Roambee Sanjay Sharma.

Adapun Telkomsel tengah gencar mengembangkan jangkauan teknologi Narrow Band – Internet of Things (NB-IoT). Oleh sebab itu, sinergi dengan Roambee diyakini akan menambah use-case pengembangan IoT Telkomsel yang diharapkan dapat mendukung bisnis enterprise Telkomsel serta perwujudan industri 4.0.

"Kami berharap sinergi antara Telkomsel dan Roambee mampu mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk lebih menerapkan teknologi digital di setiap lini operasionalnya," tutup Andi.

sumber:https://www.liputan6.com/tekno/read/4155586/telkomsel-suntik-dana-ke-startup-berbasis-iot-asal-as

Posting Komentar

0 Komentar