• Breaking News

    Asosiasi Game Indonesia Meluncurkan Identitas Dan Website Baru

    Asosiasi Game Indonesia


    Pada tahun 2020 ini, Asosiasi Game Indonesia (AGI) dengan meluncurkan situs dan identitas barunya. Hal ini dilakukan agar AGI bisa memberikan kontribusi yang lebih maksimal terhadap pertumbuhan industri game Indonesia.
    Ini sesuai dengan tagline yang mereka usung sebagai “Accelerating the Growth of the Indonesian Video Game Industry”, yang artinya “mempercepat pertumbungan industri video game Indonesia.

    Tentang Asosiasi Game Indonesia

    Asosiasi Game Indonesia
    Asosiasi Game Indonesia (AGI) merupakan wadah komunikasi dan pengembangan industri game di Indonesia. AGI didirikan pada bulan Februari 2013 oleh 10 pendiri.
    Perkembangan industri game di Indonesia yang cukup pesat akan memberikan dampak positif dan juga tantangan di masa yang akan datang.
    Dengan adanya AGI maka seluruh pengusaha industri game akan berkumpul untuk menata dan mengatasi masalah yang akan dihadapi bersama-sama serta meningkatkan pengembangan industri game di masa depan.

    Industri Video Game Indonesia

    AGI
    Cipto Adiguno sebagai presiden Asosiasi Game Indonesia periode 2019-2024 mengungkapkan mengenai dunia industri ini.
    Asosiasi Game Indonesia awalnya banyak mengayomi berbagai sisi industri game sekaligus. Seiring waktu, pihak-pihak lain semakin menyadari pentingnya industri game dan bersamaan tanggung jawab AGI untuk mewakili kebutuhan semua pihak semakin berat.
    Dengan munculnya organisasi-organisasi baru di bidang game yang mewakili sisi masing-masing, AGI merasa dapat membuat perubahan lebih dengan memfokuskan diri.
    Selain itu, dia mengatakan bahwa rebranding ini menandakan pergeseran paradigma AGI dari mengayomi seluas-luasnya secara horizontal. Menjadikan akselerasi seefektif dan seefisien mungkin secara vertikal. Dan khususnya di bidang pembuatan (development) dan penerbitan (publishingvideo game.

    Logo Dan Susunan Pengurus Baru AGI

    Peluncuran situs, logo dan identitas baru ini sendiri merupakan salah satu langkah awal dari kepengurusan AGI periode 2019-2024. Pelantikan pengurus AGI periode 2019-2024 sendiri sudah dilakukan pada Musyawarah Nasional (MUNAS) AGI 2019 yang digelar bersamaan dengan BEKRAF Game Prime 2019 bulan Juli 2019 lalu.
    Sebagai Presiden AGI yang terpilih, Cipto pun sudah memilih jajaran pengurus AGI yang akan membantu menyelenggarakan program-program AGI selama lima tahun ke depan. Berikut susunan pengurus AGI periode 2019-2024.
    Presiden AGI: Cipto Adiguno
    Wakil Presiden AGI: Adam Ardisasmita
    Program Manager AGI, yang terdiri dari:
    • Febrianto Nur Anwari
    • Ardhan Fadhlurrahman
    Bendahara: Narenda Wicaksono
    Dewan Pembina:
    • Jonathan Manuel Gunawan
    • Rachmad Imron
    • Hendra Arazzi
    Dewan Penasihat:
    • Ajie Santika
    • Arief Widhiyasa

    Deretan Program AGI Tahun 2019-2024

    Sederet program sudah disiapkan oleh kepengurusan AGI tahun 2019-2024 ini mulai dari Business Development seperti program Archipelageek.
    Program ini akan membawa para pelaku industri untuk berpartisipasi di acara-acara internasional seperti Gamescom dan Game Connection America; Talent Development. Acara ini seperti acara Indonesia Game Developer eXchange (IGDX) yang pertama kali digelar November 2019 silam.
    Bukan itu saja, akan ada program bantuan regulasi seperti klasifikasi rating game dalam Indonesia Game Rating System (IGRS).

    Break The Chain

    Cipto mengungkapkan bagaimana masalah dalam dunia industri video game di Indonesia.
    Saat ini industri video game di Indonesia memiliki masalah telur-ayam. Industri ini relatif termasuk pemain baru, dan karena itu SDM-nya belum optimal.
    Isu SDM ini menyebabkan kualitas produk masih sulit bersaing, yang akhirnya kurang menarik bagi pebisnis. Namun tanpa adanya pebisnis yang berinvestasi di industri ini, tidak ada peningkatan SDM.
    Cipto berharap dalam 5 tahun ke depan kami berharap bisa “break the chain”, menyelesaikan setidaknya satu dari rantai masalah ini dan memulai pertumbuhan industri yang signifikan.

    Bergabung Bersama AGI

    Situs AGI sendiri bukan hanya sebagai media informasi terkait aktivitas, program dan juga profil anggota saja. Situs ini juga menyediakan sistem pendaftaran bagi para pengembang dan penerbit game di Indonesia yang ingin menjadi anggota dan mendapatkan berbagai manfaatnya.
    Para pengembang dan penerbit game yang tertarik untuk menjadi anggota bisa langsung menuju ke situs resmi AGI dan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.
    Selain itu, AGI juga mengajak para media untuk menjadi media partner dan membantu AGI menyebarkan informasi-informasi terkait kebijakan dan aktivitas AGI kepada masyarakat. Silakan menuju ke situs resmi AGI dan mendaftar menjadi anggota mengunakan tombol Log In/Sign Up dan memilih tipe anggota Media Partner.
    Informasi lebih lanjut mengenai AGI bisa langsung mengunjungi situs resminya, melalui berbagai kanal media sosial, seperti FacebookInstagram dan Twitter. Atau bisa menghubungi narahubung AGI melalui email febrianto@agi.or.id.



    sumber:https://nawalakarsa.id/2020/02/asosiasi-game-indonesia-2020/

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad