• Breaking News

    Konsep Smart City, Layanan Berbasis Teknologi Berkembang di Indonesia

    Konsep Smart City, Layanan Berbasis Teknologi Berkembang di Indonesia
    Ilustrasi internet (Shutterstock)



    Suara.com - Dengan dukungan solusi total information serta Communication Technology (ICT) berbagai layanan informasi dan data dapat dilakukan secara terintegrasi.
    Karenanya banyak daerah di pelosok Tanah Air yang kini mengusung konsep smart city. Salah satu sample paling mudah yakni sistem KTP elektronik yang kini telah diterapkan. Ada juga tilang elektornik yang mulai digalakkan.
    Usai membangun sekitar dua puluh wilayah kota/kabupaten di Indonesia, Lintasarta sebagai perusahaan penyedia jaringan internet dan IT memberikan dukungan penuh pada pembangunan smart city di wilayah Pemkab Siak, Riau.
    "Smart City untuk mendukung keputusan strategis dan penyusunan program berkelanjutan dari Pemkab Siak, diantaranya terkait event dan pengembangan potensi wisata, monitoring limbah yang mengalir di sungai, monitoring dan langkah antisipasi kebakaran hutan/lahan, yang keseluruhannya ditunjang oleh data-data berbasis elektronik dan IoT," kata Zulfahmi selaku Senior Manager Central Sumatera Area Lintasarta.
    Kontribusinya antara lain Smart City Platform, Smart Tourism, Akses Internet, serta CCTV yang terintegrasi dengan aplikasi milik pemerintah daerah.
    Penerapan smart city di Siak fokus pada integrasi data ke sebuah platform smart city yang dinamakan SKOTA DATA, serta pengembangan pariwisata melalui pembangunan aplikasi mobile Smart Tourism (Android).
    "Secara umum pelayanan kepada masyarakat dapat menjadi lebih baik, masyarakat mendapatkan informasi yang bermanfaat dan berkualitas, peran serta aktif masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara semakin dirasakan," tutur Zulfahmi.
    SKOTA menawarkan solusi menyeluruh yang terbagi dalam beberapa tahapan, mulai dari perencanaan, implementasi, hingga sosialisasi pada masyarakat.
    “Lintasarta fokus untuk membuat Indonesia lebih pintar, kota demi kota. Dengan semakin banyak wilayah Indonesia yang mengimplementasikan smart city, khususnya oleh Lintasarta, maka akan merangsang daerah lain untuk ikut tumbuh menjadi kota yang lebih pintar sehingga terus berkembang berkompetisi menjadi kota mandiri yang semakin meningkat Pendapatan Asli Daerahnya, dan semakin baik Pelayanan Publiknya,” ungkap Alfi Asman, Lintasarta Business Director.






    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad