• Breaking News

    Peluang eLearning untuk perusahaan di kala wabah Covid-19

    Dampak atas pandemi Covid-19 banyak memukul perusahaan, baik kecil maupun besar. Tapi selalu ada hal positif yang bisa diambil dari krisis ini. Salah satunya adalah peluang e-learning.

    Bagi perusahaan besar, penggunaan training untuk meningkatkan kemampuan karyawannya telah menjadi hal yang biasa. Dan sebagian juga sudah menerapkan e-learning baik dalam skala kecil ataupun besar. Karyawan diminta untuk melakukan belajar mandiri dengan mengakses portal e-learning yang disediakan.

    Dengan adanya pandemi ini, maka kembali e-Learning akan mendapatkan perhatian besar. Di kala penerapan Work From Home, sebagian besar karyawan harus menyesuaiakan diri dengan pola kerja baru, dimana kemungkinan ada perubahaan Standard Operation Procedure (SOP) kerja mereka. Maka fungsi portal e-Learning memegang peranan penting. Perusahaan yang dengan cepat bisa menerapkan dan menggunakan e-Learning untuk meningkatkan kemampuan karyawannya adalah perusahaan dinamis.

    Salah satu survey menunjukkan data ini. Dalam 3 bulan mendatang, berapa banyak kegiatan training perusahaan berubah dari face-to-face menjadi online terkait dengan covid-19 ? Terdapat jawabah 40.8%.


    Pertanyaan adalah apakah perusahaan telah siap untuk mendukung hal ini. Bila perusahaan hanya memiliki infrastruktur e-learning portal selama ini, maka diperlukan kemampuan tambahan untuk bisa menangani training yang sekarang ini harus siap dalam bentuk online.

    Apa saja yang harus diperhatikan?

    Pertama, pastikan semua bahan pelatihan perusahaan telah tersedia dalam e-learning portal. Ini adalah cara paling awal dan mendasar. Mudahnya adalah membangun portal e-learning, dimana karyawan bisa mengakses halaman portal tersebut melalui web-browser terutama dari dalam kantor. Tapi sekarang juga harus bisa diakses dari luar kantor, terutama dengan menggunakan VPN.

    Kedua, portal yang ada harus bisa mengakomodasi ujian online, kuis online. Karyawan tidak hanya belajar mandiri dari portal, tapi juga harus bisa menguji kemampuannya. Ini sangat penting. Dalam beberapa perusahaan besar, ini telah menjadi salah satu tahapan untuk meningkatkan karir karyawan mereka.

    Ketiga, portal yang ada sekarang harus bisa memungkinkan adanya tatap muka secara realtime. Ini menarik. Sekarang sudah ada video conference, tapi umumnya untuk meeting level tertentu. Tapi sekarang kemampuan ini harus bisa digunakan juga untuk online training. Jadi selain karyawan melakukan pembelajaran mandiri, mereka pun harus bisa masuk ke dalam virtual meeting, dengan para trainer, bahkan diuji secara online.

    Bagi perusahaan, e-learning tidak harus bisa diakses dari luar kantor, karena kebanyakan berisikan informasi dan bahan pelatihan yang sifatnya rahasia. Oleh karena itu akses dari luar umumnya menggunakan VPN, dan mengakses ke server e-learning menggunakan browser.



    Silahkan kontak tim kami untuk membantu mengimplementasi e-learning system, dengan kemampuan diantaranya e-Learning System, dengan kemampuan virtual Meeting dan e-Seminar. Selain itu juga mendukung portal kumpulan video-video pembelajaran perusahaan. Kontak tim kami segera : dcmsales@dayaciptamandiri.com.


    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad