• Breaking News

    Qualcomm Umumkan 212 LTE IoT Modem yang Mendukung LTE Cat NB2



    Qualcomm beberapa hari lalu mengumumkan mengenai modem untuk IoT (internet of things) terbarunya di dunia, 212 LTE IoT Modem. Perangkat ini merupakan modem single mode yang mendukung LTE Cat NB2 yang merupakan bagian dari NB-IoT (narrowband IoT). Tak sekadar mendukung LTE Cat NB2, Qualcomm bahkan mengklaim 212 LTE IoT Modem sebagai modem single mode LTE Cat NB2 yang paling efisien dalam hal daya. Qualcomm menyebutkan 212 LTE IoT Modem bisa menggunakan sangat sedikit arus listrik ketika dalam kondisi tidur.

    "Qualcomm 212 LTE IoT Modem akan membantu mengantarkan ke suatu era baru untuk berbagai aplikasi IoT di sekeliling dunia, khususnya yang membutuhkan konektivitas yang menembus jauh ke dalam gedung yang dikombinasikan dengan penggunaan daya rendah, seperti perangkat-perangkat IoT yang ditenagai baterai yang butuh untuk beroperasi selama 15 tahun atau lebih di lapangan," ujar Vieri Vanghi (Vice president, Product Management, QUALCOMM Europe Inc). "Konsumsi daya ultrarendah, form factor kecil, dan biaya rendahnya akan sangat menguntungkan para OEM dalam membuat generasi berikutnya dari aneka perangkat IoT hemat daya," tambah Vieri Vanghi.

    Efisiensi daya dari Qualcomm 212 LTE IoT Modem antara lain terlihat dari kebutuhan arus listriknya tatkala dalam kondisi tidur. Qualcomm mengklaim, 212 LTE IoT Modem membutuhkan arus tidur kurang dari 1 μA. Hal tersebut tentu membantu suatu perangkat IoT yang ditenagai baterai dan menggunakan Qualcomm 212 LTE IoT Modem untuk bertahan selama 15 tahun atau lebih sebelum baterainya perlu diganti. Adapun modem untuk IoT Qualcomm lain seperti halny 9205 LTE modem, mengklaim daya tahan baterai selama 10 tahun atau lebih. Selain bisa menggunakan arus yang sangat kecil sewaktu tidur, Qualcomm 212 LTE IoT Modem juga bisa beroperasi dengan tegangan sampai serendah 2,2 V. Mengambil contoh Qualcomm 9205 LTE Modem sebagai perbandingan, Qualcomm 9205 LTE Modem yang merupakan modem multimode bisa beroperasi dengan tegangan sampai serendah 2,4 V.

    Seperti telah disebutkan, Qualcomm 212 LTE IoT Modem merupakan modem single mode yang mendukung 3GPP Release 14 Cat NB2. Frekuensi yang didukungnya adalah dari 700 MHz sampai 2.100 MHz. Selain fungsi modem, Qualcomm 212 LTE IoT Modem juga mengandung fungsi lain. Qualcomm 212 LTE IoT Modem antara lain mengandung modem baseband, application processor, memori, transceiver dengan RF front end yang sepenuhnya terintegrasi, dan unit-unit manajemen daya. Hal tersebut membuat suatu modul LTE yang menggunakan Qualcomm 212 LTE IoT Modem bisa hadir dengan ukuran kurang dari 100 mm2.

    Kehadiran application processor berupa Arm Cortex M3 pun tentunya membantu Qualcomm 212 LTE IoT Modem untuk mombolehkan aneka aplikasi IoT secara embedded. Qualcomm meluncurkan pula software development kit untuk Qualcomm 212 LTE IoT Modem, yang mendukung pengembang menjalankan peranti lunak yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan pada application processor bersangkutan.

    sumber: https://infokomputer.grid.id/read/122114810/qualcomm-umumkan-212-lte-iot-modem-yang-mendukung-lte-cat-nb2

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad