• Breaking News

    Ada Tujuh Cara 5G Mengubah Dunia yang Berhubungan dengan Kita



    Teknologi 5G dipercaya akan mengubah kehidupan manusia dalam berbagai bidang. Foto/Ist

    JAKARTA - Jika kita harus menentukan kata kunci teknologi untuk tahun 2020, maka itu akan menjadi 5G. Ya, saat ini, industri apapun ketika bicara teknologi bakal dihubungkan dengan ketersedian jaringan 5G.

    Menurut laman Phone Arena, 5G adalah standar teknologi generasi berikutnya untuk jaringan seluler, setelah 4G dan 3G. Kita dapat berbicara tentang frekuensi dan panjang gelombang sepanjang hari, tapi yang paling penting adalah 5G benar-benar akan mengubah dunia dengan berbagai cara.

    Tanpa terlalu teknis, berikut ini menunjukkan kepada kita tentang 7 cara 5G bakal mengubah dunia. Ayo

    1. Smart City
    Ada Tujuh Cara 5G Mengubah Dunia yang Berhubungan dengan Kita

    Teknologi 5G memungkinkan gadget kecil atau besar di rumah dan kota Anda terhubung satu sama lain. Kulkas akan "berbicara" dengan asisten cerdas pengguna dan bisa memesan barang-barang sendiri, lalu pengukur suhu ruangan akan terhubung ke "lingkungan" rumah dan memberitahu mereka untuk menaikkan tirai agar sinar matahari masuk. Kemudian lampu lalu lintas dan rambu-rambu jalan akan memperingatkan pengemudi langsung di dasbor mobilnya dan masih banyak kegunaan lainnya.

    Ada ratusan aplikasi yang membutuhkan konektivitas 5G di Internet of Things (IoT). Itu dikarenakan 5G dapat menangani perangkat yang terhubung secara signifikan lebih simultan daripada 4G dan jangan lupa, frekuensinya tetap stabil.

    Perlu diketahui, teknologi 4G dapat menangani sekitar 2.000 perangkat yang terhubung per 0,38 mil persegi. Sedangkan 5G dapat menangani satu juta perangkat!

    2. Mobil Tanpa Pengemudi
    Mobil self-driving atau otonom merupakan "janji" fiksi ilmiah lain yang perlahan-lahan mulai terpenuhi di dunia nyata. Untuk beroperasi sepenuhnya secara mandiri, mobil-mobil ini membutuhkan jaringan supercepat generasi kelima.
    Ada Tujuh Cara 5G Mengubah Dunia yang Berhubungan dengan Kita

    Mobil tanpa pengemudi membutuhkan waktu respons yang sangat cepat dan di sini latensi rendah 5G datang untuk dimainkan. Saat bepergian dengan kecepatan tinggi, mobil otonom harus membuat keputusan yang sangat cepat, berkomunikasi dengan cloud, dan menyinkronkan dengan elemen terhubung lainnya di kota.

    Orang-orang "besar" tahu ini dan raksasa seperti Tesla, Google, Uber, dan Apple bekerja keras untuk menerapkan 5G dalam teknologinya. Akibatnya, kami tidak perlu menunggu bertahun-tahun untuk melihat adopsi 5G dan mobil-mobil self-driving masa depan ini akan benar-benar menjadi teknologi masa kini.

    3. Augmented Reality/Virtual Reality
    Realitas virtual menjadi hype beberapa tahun lalu, tapi teknologi menghadapi beberapa tantangan berat. Perangkat AR/VR besar dan tebal, tapi masalah sebenarnya, mereka harus ditambatkan ke perangkat keras yang kuat.
    Ada Tujuh Cara 5G Mengubah Dunia yang Berhubungan dengan Kita

    Aplikasi AR/VR membutuhkan banyak bandwidth dan resolusi tinggi untuk membuat dunia virtual tampak nyata. Nah, jaringan 5G bakal membantu AR/VR memotong kabel yang selama ini dibutuhkan.

    Selain itu, latensi rendah 5G akan membuat game AR/VR benar-benar menyenangkan dan mungkin jauh lebih sedikit membingungkan. Jika kita melihat lebih jauh dari game, 5G akan memungkinkan orang untuk membuat interaksi real-time di seluruh dunia.

    Anda dapat menerapkan ini dalam skenario bisnis juga. Alih-alih melakukan perjalanan ribuan mil, karyawan akan dapat menghadiri pertemuan virtual.

    4. Layanan Streaming
    Layanan streaming dalam satu tahun terakhir tengah meningkat. Begitu pun TV 4K di rumah yang dapat mengakses koneksi LAN atau WiFi dengan baik.

    Resolusi televisi juga semakin tinggi dan lebih tinggi lagi. Sekarang kita melihat 4K sebagai sesuatu yang normal dan 8K menyusul perlahan-lahan untuk menjadi kenormalan baru di industri elektronik.

    Ya, 5G sangat ideal untuk streaming film dalam resolusi tinggi pada smartphone dan tablet. Jadi Anda dapat berharap dapat menyaksikan film 8K ke tablet atau perangkat lain. Mimpi ini jelas tidak terlalu mengada-ada.

    5. Game Seluler
    Ada banyak hal yang salah dengan game mobile, tapi 5G benar-benar dapat mengubah pasar itu juga. Hampir semua game mobile saat ini membutuhkan koneksi internet dan latensi 4G tidak memungkinkan untuk bisa bermain kompetitif dalam banyak genre.
    Ada Tujuh Cara 5G Mengubah Dunia yang Berhubungan dengan Kita

    Latensi 4G LTE rata-rata sekitar 70 milidetik, sementara 5G secara teoritis dapat membawanya ke 1ms. Ini berarti gamer dapat memainkan game yang bergerak cepat, seperti penembak online atau pembalap di ponsel Anda tanpa jeda.

    Jika kita melihat platform gaming cloud seperti Google Stadia atau Microsoft xCloud, mereka akan mendapat manfaat dari 5G bahkan lebih. Latensi rendah akan memungkinkan ponsel dan tablet terhubung ke server game dan menjalankan judul game pada resolusi tinggi tanpa gangguan.

    6. Unduhan Lebih Cepat
    Yang ini jelas. 5G menawarkan kecepatan pengunduhan 20% lebih cepat dari 4G. Di beberapa negara, kecepatan unduh 5G lebih cepat daripada WiFi. Ini berarti cepat atau lambat internet broadband berkecepatan tinggi dapat diakses di mana saja setiap saat.

    7. Kesehatan
    Terakhir, 5G akan memiliki banyak dampak pada kesehatan dan obat-obatan. Teknologinya memungkinkan rumah sakit untuk merampingkan sistem komunikasi internal mereka.
    Ada Tujuh Cara 5G Mengubah Dunia yang Berhubungan dengan Kita

    Selain itu, berbagai peralatan medis seperti sensor, mesin skrining, dan alat diagnostik akan mendapat manfaat dari jaringan 5G yang cepat dan andal. Operasi bedah jarak jauh juga akan dimungkinkan dengan robot bedah yang dioperasikan dari jarak jauh melalui 5G.



    sumber: https://autotekno.sindonews.com/read/97892/207/ada-tujuh-cara-5g-mengubah-dunia-yang-berhubungan-dengan-kita-1594472855

    Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com
    poster_APTIKNAS%2BIT%2BIN%2BTHE%2BREAL%2BWORLD%2BARTIFICIAL%2BINTELLEGENCE

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad