• Breaking News

    Kemajuan Teknologi, Begini Langkah Telkom dalam Transformasi Digital

    Foto: Ari Saputra
    Jakarta - Kemajuan teknologi memang tak ada yang bisa menghentikannya, begitu juga dengan makin majunya telekomunikasi. Terlebih pada masa pandemi saat ini, teknologi sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga komunikasi dan juga akses ke pekerjaan, tentunya peran perusahaan telekomunikasi sangat penting dalam hal ini.

    Ini juga yang dikatakan oleh Komisaris Utama PT Telkom Indonesia Rhenald Kasali dalam acara Transformasi Telkom 55 Tahun dan Kemampuan Merespon Perubahan yang disiarkan secara langsung di Instagram detikcom dan Telkom Indonesia dalam rangka HUT Telkom ke-55.

    Dirinya mengatakan Telkom memiliki DNA sebagai perusahaan telekomunikasi, dan dulu orang telekomunikasi itu memasang kabel dari tembaga dari rumah ke rumah dan ada operator telekomunikasi yang mengatur jalur agar orang bisa berkomunikasi, dan produk itu adalah percakapan.

    "Makin ke sini itu semua bergeser menjadi data mulai dari SMS hingga superapps, ternyata dari situ bergeser lagi dan orang memakai itu untuk kehidupan atau yang biasa disebut Internet of Things (IoT). Jadi kehidupan itu berbeda, makin ke sini makin digital, tapi kita juga tidak bisa abaikan konektivitas ke pedesaan. Jadi harus diimbangi konektivitas jalan, digitalisasi juga jalan," imbuh Rhenald pada acara tersebut, Senin (6/7/2020).

    Lalu, untuk mengikuti arus perubahan yang kini tengah berlangsung Telkom Indonesia sudah melakukan berbagai perubahan. Di antaranya adalah merubah kabel tembaga yang dulu menjadi alat untuk membantu masyarakat dengan serat optik yang bisa disambungkan dengan cara-cara yang baru.

    "Jadi bisa disambung dengan IndiHome di rumah, kemudian orang bisa pakai Wifi dari rumah bisa learning, bisa hiburan di sana, bisa bekerja di sana. Jadi ada satu kesatuan yang saling melengkapi dan terus mencari hal-hal baru," kata Rhenald.

    Lebih lanjut, Rhenald juga membeberkan 3 langkah strategis bagi pelanggannya, yang pertama adalah memahami keinginan pelanggan, berpikir dari sisi pelanggan dan memahami aturan main baru. Kini pun banyak anak muda yang mulai terjun ke dunia bisnis start up, di sinilah Telkom memulai perannya untuk mendukung hal tersebut, dengan suatu usaha yang disebut MDI sebuah venture capital yang mendukung usaha anak-anak muda tersebut.

    "Tugasnya ini membiayai perusahaan-perusahaan anak-anak tersebut yang nantinya bisa menjadi unicorn baru. Nah, nanti kita bakal masuk di situ, dan kalau sudah besar bisa kita jual lagi sahamnya untuk membiayai anak muda lainnya," ungkap Rhenald.

    Rhenald pun membeberkan mengapa Telkom bisa mengikuti alur transformasi digital ini. Pertama Telkom memiliki satu-satunya tower terbesar di Indonesia, lalu Telkom memiliki jumlah pelanggan yang banyak di Indonesia. Telkom juga memiliki SDM yang relatif lebih baik dari yang lain.

    "Kita juga memiliki struktur keuangan yang sangat kuat dari segi revenue itu cukup besar, kami juga membayar dividen terbesar dan kami menggunakan teknologi yang sangat advance di negeri ini. Bahkan Telkom juga satu-satunya brand dari Indonesia yang masuk New York Stock Exchange," pungkasnya.


    sumber:https://inet.detik.com/telecommunication/d-5082737/kemajuan-teknologi-begini-langkah-telkom-dalam-transformasi-digital


    Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com


    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad