Mengenal "Data Science" untuk Hadapi Industri di Era New Normal

Ilustasi. Data Science(DOK. DQLAB)

Meningkatnya kebutuhan talenta data pada industri, membuat profesi data semakin populer. Kamu juga bisa lho, berkontribusi untuk menjadi seorang praktisi data.

Bagi kamu yang ingin memulai karir di dunia data, kenali dulu apa itu data science dan bagaimana cara pengaplikasiannya pada industri nyata.

Persiapkan dirimu untuk memulai karir di Industri data, dengan melatih dan mengasah kompetensi datamu agar lebih siap menghadapi new normal di era digital sekarang ini.

DQLab berkolaborasi bersama Gilang Maulana, Data Scientist Telkom Indonesia, untuk membantu kamu mengenal lebih dalam tentang data science.

Yuk, kita simak bersama!

1. Peran data science di new normal

Sebelum menjalankannya kamu perlu tahu, pengertian dari new normal adalah salah satu langkah untuk mempercepat penanganan Covid-19 dalam berbagai aspek, diantaranya adalah kesehatan, ekonomi dan sosial.

Pemerintah Indonesia merencanakan untuk mengimplementasikan new normal dengan mempertimbangkan segala pro dan kontra dari protokol yang berlaku.

Ilmu data science pun memiliki peran penting dalam memprediksi penyebaran wabah Covid-19, dengan penggunaan machine learning kamu dapat mengetahui apakah dengan diterapkannya new normal dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 dan memulihkan ekonomi negara berdasarkan data yang ada.

2. Data science sebagai profesi idaman

Penting bagi kamu untuk memahami apa itu data science, jika ingin terjun ke ranah data atau beralih profesi. Data science sendiri merupakan ilmu tentang penggunaan data yang menghasilkan sebuah story yang memberikan dampak besar dan baik bagi perusahaan atau industri data.

“Data yang digunakan harus memiliki impact baik bagi perusahaan atau industri data. Data Science sendiri beririsan dengan tiga keilmuan, diantaranya Computer Science, Math and Statistics, dan Domain Expertise,” jelas Gilang.

3. Data science untuk berkarir di industri new normal

Dengan berbekalkan ilmu Data Science, kamu bisa membangun portofolio datamu untuk hadapi new normal dalam memulai karir di Industri data. Dengan terus belajar dan berlatih, kamu tentu bisa memperkuat fondasimu untuk berkarir sebagai praktisi data yang kompeten.

Konsistensi untuk terus menambah ilmu juga diperlukan untuk menghadapi era baru. Membangun portofolio dan proyek data merupakan poin penting yang bisa kamu dapatkan untuk siap berkarir menjadi praktisi data di era new normal ini.

Tanpa menguras biaya dan tetap menjaga kesehatan, pilihan untuk belajar Data Science online semakin beragam. Untuk video based learning kamu dapat memilih belajar di Youtube, mengikuti Webinar, atau Enroll kelas seperti Coursera, atau Udemy.

Info lengkap terkait informasi data science dapat juga kamu akses melalui: www.DQLab.id


sumber: https://edukasi.kompas.com/read/2020/06/29/103652571/mengenal-data-science-untuk-hadapi-industri-di-era-new-normal


Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com



Posting Komentar

0 Komentar