Apresiasi Komitmen Pemkab Kudus Bangun Pelayanan Berbasis Digital

 

MENUJU CYBER CITY: Plt Bupati Kudus Hartopo (empat dari kanan) memegang trofi dan plakat Radar Kudus Award foto bersama jajarannya dan Tim Radar Kudus Award kemarin. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)


KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus konsen dalam mewujudkan pelayanan berbasis digital. Semua itu dilakukan demi terwujudnya pelayanan publik yang mudah, cepat, dan terjangkau.

Kepala Daerah Kabupaten Kudus dalam hal ini Plt Bupati Kudus HM Hartopo memiliki komitmen kuat dalam hal pengembangan daerah. Terutama yang bersentuhan dengan kemajuan teknologi informasi ke depan.

Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kudus, pemkab menyiapkan segala sesuatunya untuk mewujudkan cita-citanya sebagai cyber city. Termasuk penyediaan aplikasi berbasis android untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi terkait sejumlah layanan publik di Kudus. Maupun pengaduan terkait kualitas pelayanan publik tersebut.

Plt Bupati Kudus Hartopo menerima trofi Radar Kudus Award dari Direktur Radar Kudus Baehaqi.

Plt Bupati Kudus Hartopo menerima trofi Radar Kudus Award dari Direktur Radar Kudus Baehaqi. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Atas komitmen ini, Radar Kudus memberikan penghargaan kepada Plt Bupati Kudus HM Hartopo pada ajang Radar Kudus Award dengan kategori ”Kepala Daerah yang Berkomitmen Membangun Pelayanan Berbasis Digital”.

”Pemerintah Kabupaten Kudus memiliki komitmen yang tinggi untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan berbasis digital di Kabupaten Kudus telah berkembang pesat. Dengan kemudahan ini, masyarakat juga merespon baik,” kata Direktur Jawa Pos Radar Kudus Baehaqi.

Penghargaan ini, sebagai apresiasi atas komitmen Pemkab Kudus dalam upaya mewujudkan pelayanan berbasis digital. Dia berharap, penghargaan ini bisa memacu semangat pemkab untuk terus memberikan pelayanan dan inovasi terbaik untuk masyarakat.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, pihaknya melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kudus menyusun rencana digitalisasi layanan hingga ke tingkat desa mulai 2019. Pembangunan jaringan internet melalui fiber optic pun mulai digarap. Dan diproyeksikan dapat dimafaatkan pada 2021 mendatang.

”Untuk tahap pertama, instansi pemerintah dahulu. Kemudian, tahap selanjutnya masyarakat di desa bisa menikmati akses internet secara gratis. Semua upaya ini untuk melayani masyarakat. Kami sebagai pelayan masyarakat harus memberikan kemudahan, kecepatan, dan keterjangkauan kepada masyarakat Kudus,” katanya.

Penghargaan yang diterima Plt bupati Kudus dijadikan sebagai motivasi agar selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pihaknya sadar menjadi pejabat adalah menjadi pelayan masyarakat yang selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat.

”Ini tentu jadi motivasi kami. Sebagai pejabat sudah seharusnya saya dan jajaran memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. Adanya digitalisasi mempermudah layanan itu,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, Kudus merupakan salah satu kabupaten/kota yang mencanangkan smart city di Indonesia sejak 2018. Kemudian, Kudus ditunjuk menjadi proyek percontohan pengembangan smart city oleh Kementerian Dalam Negeri. Penunjukan Kudus sebagai pilot project tak lepas dari komitmen dan dukungan kepala daerah yang luar biasa.

Dengan kemutakhiran teknologi ini, juga bisa mendukung aktivitas masyarakat. Baik di bidang pemasaran produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), akses pelayanan ke pemerintahan, hingga proses belajar mengajar. 

(ks/daf/lin/top/JPR)

sumber: https://radarkudus.jawapos.com/read/2020/11/21/226008/apresiasi-komitmen-pemkab-kudus-bangun-pelayanan-berbasis-digital


Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com

Posting Komentar

0 Komentar