Bekerja di Daerah Terpencil Bukan Lagi Rintangan

Photo :

  • Photo : Pixabay
Kecepatan Internet yang tinggi.


VIVA – Telkomtelstra, anak usaha pantungan bersama Telkom Indonesia dan Telstra Australia, mengumumkan keberhasilannya menerapkan solusi SD-WAN (Software Defined-Wide Area Network) ke lima ribu lokasi jaringan kantor cabang di seluruh Indonesia untuk salah satu pelanggannya di bidang ritel.

SD-WAN adalah solusi jaringan berbasis internet segalanya (internet of things/IoT). Kesuksesan ini menjadi salah satu tolok ukur baru dalam inovasi jaringan di Indonesia.

Dengan 12 ribu berpenghuni dari total 17 ribu lebih pulau secara keseluruhan, banyak perusahaan di Indonesia perlu beroperasi atau berkembang dengan kantor cabang yang tersebar di berbagai lokasi, termasuk daerah terpencil yang menghadirkan tantangan unik dari sisi sumber daya dan jaringan.

Namun, jaringan WAN (Wide Area Network) tradisional melalui MPLS yang seringkali digunakan perusahaan tidak mampu mengakomodasi perkembangan tantangan terkini untuk memenuhi tuntutan konektivitas perusahaan.

Kemampuan WAN tradisional tidak memadai dalam mengakomodasi skalabilitas penggunaan cloud untuk produktivitas bisnis yang tinggi. Ditambah lagi MPLS sering dinilai sebagai teknologi yang mahal.

"Pencapaian ini tentunya dapat mendukung kebutuhan bisnis saat ini yang mengedepankan produktivitas dan efisiensi, terlepas dari tantangan lokasi geografis," kata Chief Customer Officer Telkomtelstra, Agus F. Abdillah, Selasa, 3 November 2020.

Lebih lanjut, Agus juga menyoroti fitur kunci SD-WAN lainnya, yaitu instalasi zero touch dan auto failover, yang dapat meminimalkan ketergantungan pada penggunaan banyak perangkat keras (hardware) dan mengurangi kebutuhan pengiriman teknisi ke lokasi kantor cabang untuk setiap kebutuhan pada jaringan.

"Jadi perusahaan akan dapat mendistribusikan aturan, membuat perubahan kebijakan, dan mengimplementasikan konfigurasi baru di seluruh jaringan kantor cabang pada skala apa pun dalam hitungan detik dari mana saja,” jelasnya.

Hal ini tentunya akan menguntungkan bisnis dari sisi efisiensi dan pengelolaan biaya yang lebih baik dibandingkan dengan jaringan tradisonal melalui MPLS. Tidak hanya kinerja dan produktivitas tinggi, SD-WAN Telkomtelstra juga menawarkan opsi keamanan yang komprehensif untuk perusahaan yang menggunakan cloud dan SaaS (software as a service).

"Dengan meningkatnya ancaman yang mengekspose kantor cabang terhadap risiko serangan siber tingkat lanjut, terutama dari konektivitas berbasis cloud, fitur keamanan akan memperkuat solusi SD-WAN untuk operasi kantor cabang secara aman tanpa gangguan apa pun," tutur Agus.


sumber: https://www.viva.co.id/digital/digilife/1318333-bekerja-di-daerah-terpencil-bukan-lagi-rintangan


 Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com


poster_TREN2021%2BSMARTCITY%2BDI%2BTENGAH%2BPANDEMI


Posting Komentar

0 Komentar