Jakarta Menangi Indonesia Government Procurement Award 2020

 

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, secara simbolis menerima penghargaan Indonesia Government Procurement Award 2020, Rabu (18/11). Foto: Pemprov DKI

Pemprov DKI Jakarta berhasil meraih penghargaan di ajang Indonesia Government Procurement Award 2020 atas kategori inovasi pengadaan yang mendukung transparansi belanja pengadaan.
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan menerima langsung penghargaan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) RI selaku penyelenggara.
“Pemprov DKI Jakarta kembali meraih penghargaan. Kali ini, pada Indonesia Government Procurement Award yang diselenggarakan oleh salah satu lembaga negara yaitu LKPP RI. Provinsi DKI Jakarta dinilai sebagai pemerintah daerah dengan inovasi pengadaan yang mendukung transparansi belanja pengadaan,” kata Anies dalam keterangannya, Rabu (18/11).
Jakarta Menangi Indonesia Government Procurement Award 2020 (1)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kanan), secara simbolis menerima penghargaan Government Procurement Award 2020, Rabu (18/11). Foto: Pemprov DKI
Anies menyampaikan, Pemprov DKI memang selalu mengupayakan kesetaraan kesempatan bagi seluruh warga, termasuk pengembangan UMKM. Anies pun bersyukur sejauh ini upaya ini berjalan cukup baik.
“Membesarkan yang kecil tanpa mengecilkan yang besar. Memastikan hadir kesetaraan kesempatan. Jangan sampai yang kecil tertinggal apalagi tergilas. Itulah semangat kami di Pemprov DKI. Itulah pilihan arah kebijakan DKI selama beberapa tahun ini. Alhamdulillah ideologi itu dilaksanakan secara serius dengan teknologi dan teknokrasi,” kata dia.
Anies memastikan kebijakan yang diambil selalu bersifat kolaboratif dengan banyak pihak, termasuk warga.
“Kita terus mendorong kolaborasi warga dalam pengadaan barang dan jasa. Sekarang kami bisa mengajak warga menjadi mitra pemerintah. Dengan kolaborasi tentu saja akan membuat apa yang Pemprov DKI kerjakan makin akuntabel dan transparan," tuturnya.
Jakarta Menangi Indonesia Government Procurement Award 2020 (2)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, secara simbolis menerima penghargaan Government Procurement Award 2020, Rabu (18/11). Foto: Pemprov DKI
Anies kemudian menjelaskan contoh inovasi teknologi yang dilakukan Jakarta menuju smart city, seperti Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) untuk belanja UMKM Rp 50 juta menggunakan e-Order.
"DKI Jakarta akan terus menjadi barometer dalam pelayanan sistem teknologi terkini, membangun sistem aplikasi kota cerdas (smart city), memberikan pelayanan yang efektif, cepat dan mudah,” terangnya.
Atas keberhasilan ini, Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) menganggap Pemprov DKI berhasil mengembangkan dan mengimplementasikan sistem dalam memudahkan, meningkatkan transparansi, dan akuntabilitas pengadaan barang dan jasa. Sehingga Pemprov DKI patut mendapat penghargaan ini.
Jakarta Menangi Indonesia Government Procurement Award 2020 (3)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kedua kanan), secara simbolis menerima penghargaan Government Procurement Award 2020, Rabu (18/11). Foto: Pemprov DKI
Pemprov DKI juga dinilai telah berhasil mengembangkan usaha dari para pelaku UMKM. Kepala BPPBJ DKI, Blessmiyanda, menambahkan, e-Order merupakan inovasi sistem pengadaan belanja yang merangkul UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM.

“BPPBJ sebagai center of excellence dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah telah melakukan 3 terobosan pemberdayaan pelaku UMKM," ujarnya.
"Sehingga akan meningkatkan kesejahteraan mereka, antara lain penggunaan Katalog Lokal, Swakelola tipe III dan IV, dan e-Order di mana merupakan belanja langsung barang/jasa melalui UMKM Binaan Provinsi DKI Jakarta," tutupnya.

sumber: https://kumparan.com/kumparannews/jakarta-menangi-indonesia-government-procurement-award-2020-1uc4mZaO8jh/full


Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com


Posting Komentar

0 Komentar