Masih Berdebu, Parungpanjang Bogor Akan Jadi Smart City

 

ParungPanjang

POJOKBOGOR.com – Pemerintah Kabupaten Bogor akan menjadi kawasan Kecamatan Parungpanjang, menjadi kota pintar (smart city), meski kisruh jalan rusak dan truk tambang belum selesai di belahan utara di sana.

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan menjelaskan bahwa Pemkab Bogor saat ini tengah mengajaukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Zonasi Bagian Wilayah Perencanaan Parungpanjang tahun 2020-2040.

“Ini untuk pengembangan jangka panjang wilayah Parungpanjang agar kawasan ini menjadi pusat permukiman berdaya saing tinggi, didukung pelayanan handal dan berwawasan lingkungan. Ya semacam smart city,” ungkap Iwan, Kamis (12/11).

Perlunya RDTR, kata dia, karena untuk menarik banyak investor, sebuah daerah harus memiliki RDTR sebagai turunan dari Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), yang diwajibkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

“Kan pemerintah pusat punya OSS yang berkaitan dengan mendatangkan investasi. Di Kabupaten Bogor belum punya RDTR. Maka, kita ajukan di Parungpanjang karena wilayah ini strategis karena berbatasan dengan Tangerang,” jelas Iwan.

Iwan menjelaskan, materi yang ada dalam Raperda RDTR Parungpanjang meliputi Bagian Perencanaan Wilayah, rencana struktur ruang, rencana pola ruang, penetapan sub bagian perencanaan wilayah prioritas, ketentuan pemanfaatan ruang, peraturan zonasi dan kelembagaan.

(cek/pojokbogor)


sumber: https://bogor.pojoksatu.id/baca/masih-berdebu-parungpanjang-bogor-akan-jadi-smart-city

Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com

WhatsApp%2BImage%2B2020-11-12%2Bat%2B13.24.03

Posting Komentar

0 Komentar