MediaTek yakin akan kirimkan 500 juta chipset 5G tahun depan

 

Source: Gizmochina


Pada Annual Summit MediaTek yang baru saja digelar, perusahaan chipset asal Taiwan ini mengumumkan Dimensity 700 5G 7nm baru untuk ponsel pintar berharga terjangkau. Peluncuran ini juga mencakup beberapa prosesor lain seperti MT8192 dan MT8195 untuk Chromebook. Selain itu, MediaTek berharap untuk melakukan lompatan besar dalam pengiriman chipset 5G tahun depan.

Salah satu pabrikan chipset tersebut memprediksi mereka akan mengirimkan sekitar 500 juta chipset 5G pada 2021. Angka ini sangat tinggi mengingat tahun 2021 saja belum dimulai. Kepala eksekutif perusahaan Rick Tsai yakin bahwa pasar untuk 5G akan berlipat ganda pada tahun depan. MediaTek dilaporkan telah mengirimkan 200 juta chipset 5G untuk tahun 2020 yang sudah mencapai prediksi awal.

Lebih lanjut, Rick mengatakan pengalaman perusahaan di fase awal 5G berhasil dan dia yakin akan hal sama pada 2021. Pada Q2, MediaTek memiliki hampir 26% pangsa pasar secara global dan berdiri di belakang Qualcomm. Namun, SoC Dimensity-nya telah mendapatkan banyak mementum memasuki Q3, dan saat ini Q4.

Di tengah pandemi, perangkat kelas menengah menjadi prioritas utama pengguna saat membeli ponsel. Dilansir dari Gizmochina (11/11), MediaTek sudah memiliki chipset Dimensity dari segmen kelas menengah hingga flagship, dan berkembang pesat tahun ini. Bahkan, mereka telah membukukan lonjakan tahunan (YoY) sebesar 61,2% pada pendapatan September 2020.

Selain ponsel 5G, MediaTek juga menjelajahi kancah lain seperti Internet of Things (IoT). Perusahaan tersebut telah melakukan uji koneksi data IoT satelit 5G pertama di dunia. Proyek yang sedang berlangsung dengan satelit Inmarsat GEO dilaporkan akan membantu perusahaan ini mendorong inovasi 5G di seluruh ranah IoT ke depannya.

“Perusahaan memiliki kerja sama dengan pemain utama ponsel Android. Bahkan, perusahaan dilaporkan telah menyisihkan USD2,5 miliar untuk kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D) pada tahun 2020,” kata Chief Financial Officer MediaTek, David Ku.

MediaTek juga memiliki kemitraan aktif dengan pabrikan asal Tiongkok seperti Oppo, Redmi, Vivo, Huawei, dan ZTE. David Ku juga menambahkan bahwa perusahaan sudah mengerjakan data card 5G, broadband 5G, telematika, dan industri IoT berbasis 5G.

sumber: https://www.tek.id/tek/mediatek-yakin-akan-kirimkan-500-juta-chipset-5g-tahun-depan-b1ZWL9joV

Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com

Posting Komentar

0 Komentar