Menteri ESDM Resmikan Stasiun Penukaran Baterai Motor Listrik

 

Foto: Uji Coba Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)


Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meluncurkan operasional Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di tiga lokasi secara virtual pada Selasa (03/11/2020).

Arifin berharap peluncuran SPBKLU ini dapat menjadi solusi atas percepatan terbentuknya ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

"Dalam momentum Hari Listrik Nasional ke-75 ini, Kementerian ESDM juga meluncurkan operasional SPBKLU. Diharapkan SPBKLU ini dapat menjadi salah satu solusi percepatan terbentuknya ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Melalui SPBKLU, pengisian ulang baterai dapat dilakukan dengan lebih cepat karena dukungan teknologi," ujar Arifin seperti dikutip dari keterangan resmi kementerian pada Selasa (03/11/2020).

Peluncuran tersebut melibatkan beberapa badan usaha yang tentunya mendukung operasional SPBKLU. Salah satu yang hadir yaitu pendiri Ezyfast Nicodemus Suheri. Ia mengatakan bahwa penukaran baterai kendaraan listrik dengan SPBKLU itu sangat mudah. Ia pun menganalogikan penukaran baterai kendaraan listrik dengan penukaran air mineral galon.

"Prosesnya paling gampang. Prinsip penukaran baterai seperti prinsip penukaran galon. Kita menukar galon yang kosong, kita diberikan yang sudah diisi. Untuk pengisian, biarkan mesin yang melakukannya," ungkap Nicodemus.

Badan usaha lain, yakni OYIKA melakukan perakitan baterai pintar yang berkemampuan Internet of Things (IoT). OYIKA berkerja sama dengan beberapa produsen sepeda motor listrik buatan Indonesia dengan memodifikasi kendaraan bermotor menjadi sepeda motor listrik pintar melalui penggabungan baterai pintar portabel OYIKA, jaringan stasiun pengisian daya SPBKLU, dan aplikasi telepon pintar.

"OYIKA merasa bangga menjadi bagian dari percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Indonesia. Saat ini ada 11 SPBKLU yang disebarkan di Jakarta untuk uji coba tahap awal. Kami berencana untuk memasang 1.000 SPBKLU di Jakarta pada 2021," ucap Direktur Utama OYIKA Larry Lim.

Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata yang juga hadir dalam peluncuran tersebut mengatakan bahwa pihaknya ingin turut memajukan ekonomi digital Indonesia dan mendukung implementasi langkah Presiden Joko Widodo memasyarakatkan kendaraan berbasis listrik.

"Grab siap menyukseskan program pemerintah dalam membangun ekosistem kendaraan berbasis listrik. Kami terbuka untuk berkolaborasi dengan semua pelaku industri, terutama yang akan menciptakan nilai tambah untuk perekonomian nasional," tutup Ridzki.

Secara keseluruhan, ekosistem Kendaraan Berbasis Listrik (KBL) Grab di Indonesia kini tersedia lebih dari 5.000 armada, baik berupa motor dua roda, e-scooter maupun empat roda, untuk mendukung visi pemerintah Indonesia mengurangi emisi karbon sebesar 29% pada 2030.

Untuk itu, Grab bekerja sama dengan KYMCO melakukan pilot project untuk menyediakan armada kendaraan berbasis listrik dan fasilitas pendukung penukaran baterai yang juga didukung oleh PLN di kantor UP3 Cikokol.

Peluncuran SPBKLU diselenggarakan sebagai rangkaian peringatan Hari Listrik Nasional ke-75. Peluncuran SPBKLU dilakukan di tiga lokasi, yaitu Kantor PLN UP3 Cikokol Tangerang oleh Grab Indonesia dan Kymco, Alfamart Gandaria 3 di Jl. Jatayu, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan oleh Oyika, dan Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM di Kuningan, Jakarta Selatan oleh Ezyfazt dan Oyika.


sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20201103181620-4-199041/menteri-esdm-resmikan-stasiun-penukaran-baterai-motor-listrik


Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com

poster_TREN2021%2BSMARTCITY%2BDI%2BTENGAH%2BPANDEMI

Posting Komentar

0 Komentar