Gandeng Diskominfo, BPBD Gunungkidul Bangun Jaringan Internet Sekolah

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas / Berita Gunung Kidul


GUNUNGKIDUL - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul membangun jaringan internet gratis di sekolah.

Adapun proyek ini dilakukan bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Edy Basuki mengatakan program tersebut mengandalkan anggaran Belanja Tak Terduga (BTT), sesuai instruksi Bupati.

"Setidaknya ada dana sebesar Rp 2,7 miliar yang dimanfaatkan untuk program tersebut tahun ini," kata Edy pada wartawan, Jumat (11/12/2020).

Adapun Diskominfo Gunungkidul digandeng untuk teknis pemasangan jaringan internet tersebut. Terdapat 21 sekolah jenjang SD-SMP yang mendapat bantuan tersebut.

Menurut Edy, program ini sebagai upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul untuk meningkatkan akses internet di daerah pelosok. Terutama demi kepentingan pendidikan.

Pasalnya, sampai saat ini proses pembelajaran jarak jauh masih berlangsung. Kebijakan ini dilakukan sebagai upaya meminimalisir penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolah.

"Fokus kami terutama di sekolah-sekolah yang berada di wilayah terisolir dari akses internet, seperti SMP Negeri 3 Girisubo," jelasnya.

Terpisah, Kabid Layanan Informatika Diskominfo Gunungkidul Setiyo Hartato menyampaikan setidaknya ada 49 sekolah yang disasar dari program tersebut. Rinciannya adalah 32 Sekolah Dasar (SD) dan 17 Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Selain BTT, ia mengatakan pendanaan program bersumber dari anggaran sisa Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Anggaran tersebut diampu oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul.

"Ini merupakan kepentingan kedaruratan, sehingga diperlukan kolaborasi anggaran dari dinas terkait," kata Setiyo.

Ia juga mengungkapkan dalam waktu dekat Gunungkidul akan mendapatkan bantuan internet sebanyak 30 titik. Bantuan tersebut berasal dari Bhakti Kemenkominfo RI, dan ditujukan ke fasilitas kesehatan (faskes).

Setiyo mengatakan hingga awal Desember 2020 ini Gunungkidul telah memiliki 1.049 titik jaringan internet gratis.

Selanjutnya akan dipasang 5 titik tambahan di wilayah Kapanewon Gedangsari, yang masih mengalami kendala sinyal.

"Jumlah tersebut melebihi target yang ditetapkan, yaitu 1.000 titik sebagai perwujudan Smart City Gunungkidul," jelasnya.


sumber: https://jogja.tribunnews.com/2020/12/11/gandeng-diskominfo-bpbd-gunungkidul-bangun-jaringan-internet-sekolah


Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com

poster_DNA%2BARTIFICIAL%2BINTELLIGENCE

Posting Komentar

0 Komentar