Program Smart City Mulai Diterapkan Pemkab Cirebon

 

Pemerintahan Kabupaten Cirebon, Dinas Komunikasi dan Informatika (Foto: Dede Sofiyah/TIMES Indonesia)

CIREBON – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkab Cirebon terus melakukan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan membuat aplikasi Open Sistem Informasi Desa (SID) melalui program Smart City.

Kasi Pengembangan Aplikasi  Diskominfo, Raditya mengatakan Smart City baru akan diterapkan di Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon.

"Aplikasi ini baru diterapkan di Gempol  karena kita hanya menyediakan aplikasinya saja, untuk operator tetap dari pihak desanya," ujarnya, Senin (7/12/2020).

Raditya mengungkapkan untuk saat ini penerapan aplikasi di Gempol belum aktif.  "Kita fokuskan satu dulu, dan kita lihat gambaran dan perkembangannya bagaimana," ucapnya.

Menurutnya, awal tahun 2021 mendatang Diskominfo akan melakukan pelatihan. Untuk melihat apakah pihak operator Desa setempat kebingungan atau tidak dengan sistem SID Smart City.

Jika Kecamatan Gempol sudah berhasil, pihaknya akan menambahkan ke semua wilayah Kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Cirebon. "Dari sisi aplikasi kita sudah ready, tinggal pengisian di masing-masing Desanya,"tuturnya.

Ia menambahkan Smart City akan terus ditambah dan di kembangkan. SID memiliki dua sistem, yakni sistem website Desa dan sistem pelayanan di Desa berbasis IT.

"Sistem pelayanan (Smart City) ini meliputi pembuatan surat keterangan nikah, surat ahli waris dan lainnya. Ini sudah berbasis IT tidak lagi manual, untuk servernya kan masuk di Diskominfo (Pemkab Cirebon), jadi semua data aman," pungkasnya. (*)


sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/314427/program-smart-city-mulai-diterapkan-pemkab-cirebon


Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com

poster_DNA%2BARTIFICIAL%2BINTELLIGENCE

Posting Komentar

0 Komentar