Tingkatkan Pelayanan, Korlantas Polri Adopsi Jaringan AI dan IoT

Kapolri Jenderal Pol. Drs. Idham Aziz, M.S


Korlantas Polri menyelenggarakan IT Road Safety Expo 2020, mulai Selasa (24/11/2020), di Aula Djajoesman, Korlantas Polri, Jakarta yang dibuka langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Idham Azis melalui layar virtual.

IT Road Safety Expo 2020 perdana dengan tema “Standardisasi dan Integrasi Sistem TI Korlantas Polri”, akan berlangsung selama tiga hari 24-26 November 2020 dan dilaksanakan dengan penerapan protokol Covid-19 ketat. Melalui kegiatan ini, Korlantas Polri menampilkan pemanfaatan TI secara optimal untuk meningkatkan layanan yang prima kepada masyarakat.

Dalam Keynote Speech yang disampaikan melalui layar virtual, Jenderal Pol. Drs Idham Azis, M.Si selaku Kapolri mengatakan, “Perkembangan kehidupan masyarakat yang sangat cepat menjadikan permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan makin kompleks dan dinamis. Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas Indonesia, maka Polri melakukan upaya peningkatan dengan modernisasi sistem teknologi informasi secara berkelanjutan.”

“Selaku pimpinan Polri saya sangat mengapresiasi jajaran Korlantas Polri atas inisiatif dan langkah-langkah nyata dalam mengembangkan sistem teknologi dan informasi. Hal ini harus terus dilakukan secara optimal sehingga tercipta budaya aman dan tertib berlalu lintas masyarakat.”

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Kakorlantas Polri dan seluruh pihak, semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat besar dalam mewujudkan institusi Polri yang semakin dicintai oleh masyarakat,” ujar Jenderal Pol. Drs Idham Azis, M.Si.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Drs. Istiono, MH saat meninjau anjungan IT Road Safety Expo 2020
Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Drs. Istiono, MH saat meninjau anjungan IT Road Safety Expo 2020

Memberikan Pelayanan Prima

Irjen Pol. Drs. Istiono, MH selaku Kakorlantas Polri Irjen, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan IT di road safety dalam bentuk back office, aplikasi, dan network yang berbasis artificial intellegent dan internet of think merupakan langkah nyata Korlantas dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Tentunya ini mempermudah pelaksanaan tugas Korlantas. Dan program road safety policing ini disiapkan sebagai langkah terobosan kreatif penjabaran kebijakan Kapolri pada fungsi lalu lintas yang berbasis teknologi untuk terbangunnya big data dan one gate service,” ujar Irjen Pol. Drs. Istiono, MH.

Kakorlantas menjelaskan bahwa sistem jaringan yang dibangun dan operasionalkan dalam road safety policing merupakan sistem back office, aplikasi dan network untuk mendukung program inisiatif anti korupsi, reformasi birokrasi, dan mewujudkan pelayanan prima yang memenuhi standard-standard: cepat, tepat, akurat, transparan, akuntabel, informatif, dan mudah diakses.


“Dimasa Pandemi ini kami juga sangat mendorong inovasi-inovasi pelayanan publik yang berbasis IT. Kita juga melakukan langkah-langkah terobosan untuk mengurangi kerumunan orang datang ketempat lokasi pelayanan dan ini sangat membantu sesuai kondisi saat ini yaitu memenuhi Prokol Kesehatan Covid-19.

“Saya harapkan tahun depan pameran ini terus digelar dan dikembangkan. Hari ini kita laksanakan dengan protokol Covid yang ketat, dan mudah-mudahan tahun depan kami bisa melakukan pameran ini dengan maksimal karena IT perkembangannya sangat cepat,” ujar Kakorlantas.

Implementasi Epolicing

“Kegiatan IT Road Safety Expo merupakan suatu upaya Korlantas dalam mengimplementasikan E-policing atau elektronik policing sebagai model pemolisian di era revolusi industri 4.0 atau era digital,” ujar Brigjen Pol. Prof. Dr. Chryshnanda, D.L., Msi selaku Dirkamsel Korlantas Polri saat menyampaikan laporan kepada Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono.

Ia menjelaskan, pengembangan sistem informasi terpadu sebagai basis dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat jadi hal yang harus dilakukan.

Dalam era transformasi digital saat ini, data sudah menjadi aset yang sangat penting dalam menjalankan kegiatan pelayanan kepada masyarakat. Data sangat penting untuk diolah menjadi informasi yang akurat. Dengan penggunaan teknologi digital, akan mampu digunakan untuk mengevaluasi kualitas layanan.

Menurutnya, penegakan hukum di bidang lalulintas secara elektronik, memerlukan sistem yang terintegrasi. Sistem yang harus dibangun adalah dari sistem big data. Big data yang ada di sistem polisi lalu lintas akan dibangun melalui sistem ‘IT for road safety’. Jadi sistem yang ada di ‘IT for road safety’, yang mencakup pada pembangunan back office, aplication dan network, yang akan dikembangkan terus.

“Inilah perlunya IT Road Safety Expo 2020 digelar sebagai upaya mengintegrasikan sistem IT dalam memberikan layanan prima kepada masyarakat, serta upaya meningkatkan kualitas, kecepatan, keakuratan dan akuntabilitas dalam pencegahan dan penanganan lakalantas,” ujarnya

“Gelaran expo perdana ini juga merupakan bagian untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan diharapkan dapat bisa menyatukan, saling menginsipirasi dan sharing atas pengetahuan,” tambahnya.

Rangkaian Kegiatan

Expo IT Road for Safety disemarakkan dengan berbagai kegiatan yang terkait dengan Road Safety: Pameran Virtual dan seminar IT secara daring, yang terkait dengan penggunaan TI untuk road safety (keamanan, keselamatan, dan kenyamanan berkendara/berlalu lintas) bersama pakar dan narasumber yang berlangsung dari 24-26 November 2020.

Acara menarik lainnya dalam IT Road Safety Expo ini yaitu Sharing dari para Pembicara sebagai Implementator/TI di Korlantas Polri dan beberapa Vendor/Principal TI yang juga akan mendemostrasikan kemajuan teknologi TI yang terkait Road Safety.

Termasuk Korlantas Polri yang akan menampilkan layanan publik berbasis teknologi yang dimilikinya antara lain: IRSMS (International Road Mangement System), aplikasi untuk mengakses data kecelakaan di seluruh Indonesia yang dapat digunakan oleh instansi terkait untuk kepentingan evaluasi. Lalu, Sistem e-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement), digitalisasi proses tilang dengan memanfaatkan CCTV yang digunakan untuk mendeteksi berbagai jenis pelanggaran lalu lintas. Juga menyajikan data kendaraan pelanggar secara otomatis. Berikutnya, Smart Integrasi, Digitalisasi Safety Driving, dan SIM Online. Dan masih banyak lainnya yang juga ditampilkan.

Dalam kegiatan Expo juga akan menyampaikan hasil riset TARC (Traffic Accident Research Center) yang merupakan bagian penting untuk menganalisa kecelakaan yang dikembangkan menuju road safety research and development.

Untuk mengikuti rangkaian acara itu bisa melalui Link Virtual Expo: https://invm.info/it-road-safety-expo (pameran virtual).

Di hari pertama, Selasa, 24 November 2020, telah dilakukan soft launching “RasiRosa Korlantas” (literasi road safety). Rasirosakorlantas.id adalah portal Korlantas Polri berisi berbagai informasi yang dapat dipelajari dan digunakan baik oleh anggota Polri maupun masyarakat untuk memahami berbagai hal yang berhubungan dengan lalulintas pada umumnya dan Keselamatan berkendaraan pada khususnya, juga dikenal sebagai Literasi Road Safety.

Tidak ketinggalan, pemberian penghargaan IT Road Safety Award sebagai ajang tahunan untuk Polda dan Polres/Polresta, yang dinilai banyak melakukan inovasi dan telah menjalankan berbagai aplikasi yang terkait IT Road Safety.

Untuk menambah wawasan, disuguhi Seminar IT Road Safety 2020 dengan tema: “Standardisasi dan Integrasi Sistem TI Korlantas Polri.” Dengan Topik yang disampaikan “Manajemen Integrasi Sistem TI Korlantas Polri” oleh Direktur Kamsel Korlantas Brigjen Pol. Prof. Dr. Chryshnanda, D.L., Msi; Topik kedua “Strategi Pengelolaan Big Data” oleh Dewan Pengawas IdPRO, Prof. Dr.-Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng, dari Universitas Indonesia; Dan topik terakhir “Intelligence Sistem Transportasi” oleh Ketua Asosiasi Intelligence Transport System – Indonesia Dr. Ir. Resdiansyah ST MT IPM.

Turut hadir dalam pembukaan IT Road Safety Expo 2020, Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Chrysnanda, Dirgakkum Brigjen Pol Kushariyanto, Dirjen Hubdar, perwakilan dari Jasa Raharja, BRI, BNI, Kemendagri, Kemenpan RB, PUPR, dan pakar transportasi. Sementara menyaksikan kegiatan Expo melalui layar virtual Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy mendamping Kapolri Jenderal Idham Azis.


sumber: https://infokomputer.grid.id/read/122442219/tingkatkan-pelayanan-korlantas-polri-adopsi-jaringan-ai-dan-iot?page=all


 Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com


Posting Komentar

0 Komentar