Alibaba Prediksi 10 Tren Teknologi 2021, Dari Semikonduktor Hingga Kota Pintar


Alibaba DAMO Academy merilis sepuluh prakiraan tren teknologi terbaru yang berpotensi menyemarakan industri teknologi di tahun 2021 ini.

Inisiatif riset global yang diprakarsai Alibaba Group ini memprediksi mulai dari penggunaan material semikonduktor generasi ketiga, R&D obat dan vaksin yang digerakkan oleh AI, hingga optimasi otomatis pada sistem manajemen data dan pertanian berbasis kecerdasan dari data. Berbagai terobosan teknologi ini diharapkan dapat mempercepat dan memberi dampak ekonomi untuk semua sektor dan masyarakat secara menyeluruh.

“Teknologi telah memainkan peran penting dalam memerangi pandemi sejak awal tahun lalu, dan akan terus membentuk kembali masyarakat dan industri kita melalui model produksi yang inovatif dan layanan cerdas,” kata Jeff Zhang, Head of Alibaba DAMO Academy dan President Alibaba Cloud Intelligence.

Jeff Zhang mengatakan pihaknya dapat bekerja sama dengan para akademisi dan pelaku industri untuk mempercepat eksplorasi batasan-batasan penelitian. Dengan demikian, teknologi akan lebih mudah diakses oleh berbagai sektor bisnis. "Dan bersama-sama, kita dapat menghadapi tantangan akibat pandemi dan mempercepat langkah  ekonomi digital," imbuh Zhang.

Inilah sepuluh prediksi tren teknologi teratas dari DAMO Academy di tahun 2021.

1.Penggunaan bahan semikonduktor generasi ketiga

Bahan semikonduktor generasi ketiga, seperti gallium nitride (GaN) dan silikon karbida (SiC), menjanjikan ketahanan suhu tinggi, breakdown voltage yang tinggi, frekuensi tinggi, daya besar, dan ketahanan radiasi tinggi. Namun, untuk waktu yang lama, penggunaan bahan-bahan ini hanya terbatas pada cakupan bidang yang sempit karena metode pemrosesannya yang kompleks dan biayanya yang tinggi. 

Dalam beberapa tahun terakhir, terobosan dalam pertumbuhan material dan fabrikasi perangkat telah membantu mengurangi biaya material semikonduktor generasi ketiga, sehingga memungkinkan penerapan yang lebih luas. Misalnya, perangkat berbasis SiC digunakan untuk inverter mobil dan pengisi daya cepat berbasis GaN muncul di pasaran. 

Dalam lima tahun ke depan, dunia akan menyaksikan bahan semikonduktor generasi ketiga bermunculan di berbagai bidang seperti stasiun pangkalan 5G, kendaraan yang menggunakan energi baru, pembangkit listrik tegangan ultra tinggi, dan pusat data.

2.Koreksi kesalahan kuantum dan utilitas praktis komputasi kuantum

Tahun 2020 adalah tahun pertama yang berlalu setelah supremasi kuantum tercapai. Pada tahun 2020, investor di seluruh dunia berbondong-bondong beralih ke bidang komputasi kuantum, teknologi dan ekosistem terkait berkembang pesat, selain itu banyak platform komputasi kuantum yang menjadi terkenal. 

Di tahun 2021, tren ini akan mendapat perhatian lebih dari seluruh lapisan masyarakat. Komputasi kuantum harus cukup bernilai agar bermanfaat. Misi di era "pasca-supremasi-kuantum" harus diselaraskan di seluruh industri: untuk mengatasi masalah ilmiah dan teknik kritis melalui inovasi kolaboratif; dan untuk membuka jalan bagi koreksi kesalahan kuantum dan utilitas praktis, dua tonggak penting dalam komputasi kuantum.

3.Terobosan bahan berbasis karbon dorong perkembangan alat elektronik fleksibel

Elektronik yang fleksibel memiliki kinerja yang stabil bahkan setelah terjadi perubahan bentuk mekanis seperti pembengkokan, pelipatan, dan peregangan. Teknologi ini banyak digunakan pada perangkat wearable device, skin elektronik, dan layar fleksibel. Dulu, bahan fleksibel tidak cukup lentur atau tidak dapat bersaing dengan bahan berbasis silikon yang kaku dalam hal karakteristik listrik, yang membatasi penggunaan komersialnya. 

Dalam beberapa tahun terakhir ini, perkembangan inovatif pada bahan berbasis karbon telah memungkinkan elektronik fleksibel melampaui kemampuan mereka sebelumnya. Misalnya, tabung nano karbon sekarang digunakan untuk menghasilkan sirkuit terintegrasi skala besar yang memberikan kinerja lebih baik daripada sirkuit berbasis silikon dengan ukuran yang sama. Graphene, bahan berbasis karbon yang cocok untuk elektronik fleksibel, juga mulai diproduksi dalam skala besar.

4.Teknologi AI mempercepat R&D obat-obatan dan vaksin

Teknologi Artificial Intelligence (AI) telah diadopsi secara luas untuk menginterpretasikan gambar medis dan mengelola rekam medis sementara penerapannya dalam pengembangan vaksin dan penelitian klinis obat masih dalam tahap uji coba. Saat algoritme AI baru bermunculan dan daya komputasi mencapai tingkat yang baru, teknologi ini akan mempermudah penyelesaian R&D obat-obatan dan vaksin yang sebelumnya sangat memakan waktu dan mahal. Penggolongan senyawa, pengumpulan model penyakit, identifikasi target, penemuan senyawa penuntun, dan optimasi obat penuntun adalah beberapa area di mana teknologi ini unggul. Integrasi ini akan mengurangi pekerjaan yang berulang dan meningkatkan efisiensi R&D. Manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat luas di mana mereka dapat menikmati perawatan medis dan obat-obatan yang lebih baik dengan lebih cepat.

5.Teknologi brain–computer interface (antarmuka otak-komputer) mungkinkan batas tubuh manusia dilampaui

Teknologi antarmuka otak-komputer sangat penting untuk interaksi manusia dengan mesin di masa mendatang dan kecerdasan kolaboratif antara manusia dan mesin. Teknologi ini adalah pilar dan kekuatan pendorong rekayasa saraf, yang menganalisis bagaimana otak manusia bekerja pada dimensi yang lebih tinggi. Antarmuka otak-komputer membentuk jalur komunikasi langsung antara otak dan perangkat eksternal yang dapat memperoleh, menganalisis, dan menerjemahkan sinyal otak untuk mengendalikan mesin. Di masa depan, teknologi antarmuka otak-komputer akan membantu mengendalikan tangan robot secara lebih baik dan membantu pasien yang sepenuhnya sadar tetapi tidak dapat berbicara atau bergerak untuk mengatasi keterbatasan fisik mereka.

6.Pemrosesan data akan independen dan berkembang secara mandiri

Perkembangan pesat komputasi awan dan pertumbuhan data yang luar biasa   memberikan tantangan yang besar bagi pemrosesan tugas komputasi, pengendalian biaya penyimpanan, dan manajemen klaster selama pemrosesan data yang dilakukan dengan cara tradisional. Manajemen dan penyetelan manual tidak dapat memproses data dalam jumlah besar dalam skenario yang beragam dan rumit. 

Oleh karena itu, optimalisasi otomatis sistem manajemen data berbasis AI pasti akan menjadi pilihan terbaik untuk pemrosesan data di masa mendatang. AI dan machine learning akan diadopsi dalam berbagai bidang, seperti pemisahan inteligensi data dingin dan panas, deteksi anomali, pemodelan cerdas, penjadwalan penyetelan parameter sumber daya, pembuatan data stress testing, dan rekomendasi indeks. Cara ini akan meminimalisir biaya untuk komputasi, pemrosesan, penyimpanan, dan O&M. Sistem pengelolaan data yang otonom dan berkembang secara mandiri akan segera tersedia.

7.Teknologi cloud-native akan bentuk kembali sistem TI

Siklus pengembangan produk yang panjang dan efisiensi R&D yang rendah dalam pengembangan perangkat lunak tradisional telah lama menjadi sumber masalah. Arsitektur cloud-native, yang hadir dengan distribusi beban kerja, skalabilitas, dan fleksibilitas hadir sebagai solusi akan masalah ini, yang memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan dan mengelola berbagai perangkat keras dan sumber daya komputasi awan secara lebih efektif. Metodologi, kumpulan alat, praktik terbaik, produk, dan teknik cloud-native memungkinkan pengembang untuk dapat fokus pada pembuatan aplikasi baru. Chip, platform pengembangan, aplikasi, dan bahkan komputer akan beralih menjadi teknologi cloud-native di masa mendatang. Manfaat yang dapat dibawa oleh teknologi cloud-native terlalu banyak untuk disebutkan. Beberapa contoh manfaat teknologi cloud-native meliputi pemisahan banyak lapisan komponen infrastruktur seperti jaringan, server, dan sistem operasi, mengurangi biaya komputasi, meningkatkan efisiensi teknologi, menurunkan hambatan untuk mengembangkan aplikasi di cloud, dan memperluas cakupan aplikasi cloud.

8.Pertanian akan didukung oleh teknologi data intelligence

Pertanian yang menggunakan cara tradisional dapat menjadi kurang efisien akibat penggunaan lahan yang buruk serta  putusnya sisi produksi dan sisi ritel. Saat ini, teknologi digital generasi baru, termasuk Internet of Things (IoT), AI, dan komputasi awan, sedang diterapkan pada industri pertanian mulai dari proses produksi hingga ritel. Sensor generasi baru membantu mendapatkan data lahan pertanian secara real-time. Analitik data besar dan AI mempercepat pemrosesan data pertanian dalam jumlah besar. Praktisi pertanian dapat memantau tanaman, menerapkan pembiakan yang presisi, dan mengalokasikan sumber daya lingkungan sesuai kebutuhan. Selain itu, teknologi seperti 5G, IoT, dan blockchain digunakan untuk mengontrol dan melacak pengangkutan produk pertanian, memastikan pengiriman yang aman dan dapat dipercaya. Dengan teknologi digital generasi baru ini, pertanian tidak harus sepenuhnya bergantung pada kondisi alam dan akan terbantu oleh analisis data yang cerdas.

9.Industri data intelligence berkembang dari implementasi titik tunggal ke implementasi di seluruh industri

Inteligensi industri umumnya lebih banyak digunakan untuk memenuhi hanya sebagian saja, sehingga implementasinya menjadi mahal dan rumit, terisolasinya data di sisi pasokan, dan ekosistemnya yang belum matang. Setelah masa pandemi Covid-19 di awal tahun 2020, ketahanan ekonomi digital menarik perhatian perusahaan besar, dimana teknologi digital berkembang dan menyebar dengan cepat, dan lebih banyak investasi disuntikkan ke dalam pembangunan infrastruktur baru. Beberapa faktor ini membantu membangun persepsi di mana kita dapat melihat lompatan intelegensi industri dari hanya digunakan oleh satu bagian hingga penerapannya di seluruh industri. Hal ini benar terjadi, terutama di industri manufaktur yang memiliki sistem TI yang sudah matang. Industri tersebut meliputi otomotif, elektronik konsumen, pakaian berkualitas tinggi, baja, semen, dan industri kimia. Inteligensi industri akan muncul di setiap celah dan membantu pengambilan keputusan yang tepat guna di industri. Intelegensi industri akan berdampak pada skala besar di mana penerapannya dapatberlaku untuk rantai pasokan, produksi, manajemen aset, logistik, dan penjualan.

10.Intelligent operations centers, suatu keharusan bagi kota-kota di masa depan

Inisiatif kota pintar (smart city) pertama kali diluncurkan pada satu dekade lalu dan telah memicu peningkatan signifikan dalam tata kelola kota melalui teknologi digital. Namun, saat dunia menghadapi pandemi Covid-19, sejumlah kota pintar menghadapi tantangan. Inilah sebabnya mengapa pusat operasi cerdas mulai digunakan secara luas untuk memaksimalkan penggunaan sumber daya data dan mempromosikan tata kelola dan layanan publik global, mendetail, dan dilakukan secara real-time. Selain itu, saat Artificial Intelligence of Things (AIoT) telah matang dan diterapkan secara luas dan teknologi komputasi spasial ditingkatkan, pusat operasi akan menjadi lebih cerdas. Dengan mempertahankan "digital twins" di kota, pusat operasi cerdas menganggap setiap kota sebagai sistem terpadu dan memberikan kemampuan layanan di seluruh kota. Pusat operasi cerdas akan menjadi infrastruktur digital kota di masa mendatang.


Sumber: https://infokomputer.grid.id/read/122500039/alibaba-prediksi-10-tren-teknologi-2021-dari-semikonduktor-hingga-kota-pintar?page=all


Posting Komentar

0 Komentar