Bank bjb Apresiasi Pembentukan BUMDes Mart di Kabupaten Cirebon


bank bjb Cabang Sumber mendukung BUMDes untuk membentuk unit usaha BUMDes Mart. Sebuah unit usaha minimarket yang dikembangkan berbasis digital.

Pembentukan BUMDes Mart tersebut dalam rangka mewujudkan visi Kabupaten Cirebon menuju Go Smart City. Di mana salah satu pilarnya adalah Smart Economy yang di dalamnya terdapat pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan.

BUMDes Mart ini merupakan yang terpilih dari 412 desa di Kabupaten Cirebon. Dalam pemeliharaannya melibatkan beberapa dinas di Kabupaten Cirebon. Di antaranya Dinas Bapenda Kabupaten Cirebon, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Cirebon serta Inspektorat Kabupaten Cirebon.

Adapun kriteria dalam pemeliharaan tersebut teekait ketaatan terhadap pembayaran pajak selama dua tahun terakhir. Kemudian ketaatan administrasi, kepengurusan BUMDes serta kelayakan lokasi usaha.

Dari hasil seleksi awal terpilih sebanyak 11 BUMDes. Namun saat seleksi akhir hanya 4 BUMDes yang layak.

Dua di antaranya BUMDes Bobos Madani, Desa Bobos, Kecamatan Dukupuntang dan BUMDes Subur Makmur Sejahtera, Desa Kebunturi, Kecamatan Arjawinangun.

Untuk diketahui, BUMDes Bobos Madani, Desa Bobos, Kecamatan Dukupuntang dan BUMDes Subur Makmur Sejahtera, Desa Kebunturi, Kecamatan Arjawinangun, itu pun diresmikan Bupati Drs H Imron MAg beserta jajaran.

Sementara itu, bank bjb dihadiri Pemimpin Divisi Kredit UMKM Denny Mulyadi, Pemimpin Kantor Wilayah III Nunung Suhartini dan Kepala Cabang Sumber Anet Yulisthian, pada 26 November 2020 lalu.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Widi Hartoto berharap, kehadiran BUMDes Mart dapat menjawab kebutuhan masyarakat sehari-hari. Selain itu, masyarakat juga bisa bertransaksi nontunai dengan menggunakan QR Code (QRIS).

”Sebab, BUMDes Mart juga bisa melayani pembayaran pajak daerah tanpa harus antre panjang. Termasuk menggunakan aplikasi bjb Digi,” kata Widi.

Widi mengungkapkan, BUMDes Mart yang diresmikan bupati Cirebon itu harus menjadi contoh bagi BUMDes lainnya. Untuk bisa menerapkan transaksi nontunai dalam rangka mewujudkan visi Kabupaten Cirebon menuju Go Smart City yang berbasis digital.


Sumber: https://www.radarcirebon.com/2021/01/13/bank-bjb-apresiasi-pembentukan-bumdes-mart-di-kabupaten-cirebon/

Posting Komentar

0 Komentar