Daerah Ini Mulai Terapkan Pembayaran Pajak melalui QR Code


Guna meningkatkan kualitas pelayanan dan penerimaan pajak daerah, Pemkab Cirebon, Jawa Barat memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan Bank BJB.

Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan peningkatan kualitas pelayanan publik berfokus kepada inovasi digital. Menurutnya, fokus inovasi digital tersebut salah satunya dengan cara menggandeng lembaga perbankan dan Bank Indonesia (BI).

"Inovasi tersebut hadir melalui pemanfaatan fasilitas Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai alat pembayaran retribusi di pasar-pasar, fasilitas kesehatan, BUMDes, tempat parkir, dan pembayaran pajak," katanya, dikutip Rabu (27/1/2021).

Imron menyatakan inovasi digital pelayanan publik di Kabupaten Cirebon akan terus ditingkatkan dengan perluasan cakupan layanan QRIS sebagai kanal pembayaran. Menurutnya, implementasi QRIS Bank BJB saat ini sudah mengakomodasi pembayaran transaksi layanan penerimaan daerah dari semua layanan elektronik seperti BJB Digi dan semua uang elektronik.

Menurutnya, Pemkab akan melakukan pelayanan berbasis digital secara bertahap guna menuju smart city. Adapun tujuan dari smart city adalah pemanfaatan perangkat elektronik sebagai solusi bagi peningkatan kualitas pelayanan publik.

Sementara itu, Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto memastikan akan mendukung penuh program pemda untuk menciptakan smart city. Menurutnya, kerja sama pemda dengan perbankan di wilayah pesisir utara Jawa Barat bisa menjadi proyek percontohan bagi daerah lain yang ingin meningkatkan pelayanan publik berbasis digital.

"Pemanfaatan perangkat teknologi merupakan hal yang niscaya perlu dilakukan untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman demi menciptakan pelayanan publik yang lebih praktis, efektif, efisien dan akuntabel," tuturnya seperti dilansir ayopurwakarta.com.

Kerja sama pemkab dan Bank BJB di antaranya meliputi pembayaran nontunai untuk 7 titik pasar, 4 Puskesmas, tempat parkir, terminal dan sejumlah BUMDes Smart. Pemerintah juga akan menerapkan pembayaran QRIS untuk setoran retribusi sampah dari masyarakat.

Sementara itu, pada sisi pajak daerah mengakomodir pungutan tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Layanan elektronik pajak daerah di Kabupaten Cirebon melalui QRIS berlaku untuk pembayaran pajak bumi dan bangunan pedesaan perkotaan (PBB-P2). 

Sumber: https://news.ddtc.co.id/daerah-ini-mulai-terapkan-pembayaran-pajak-melalui-qr-code--27295


Posting Komentar

0 Komentar