Genjot Pendapatan Daerah, Pemkot Teken MoU dengan Gojek


Pemkot Malang, Jawa Timur menggandeng aplikasi Gojek dan Gopay dalam implementasi smart city untuk meningkatkan perekonomian lokal.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan kerja sama dengan aplikasi jasa transportasi dan uang elektronik itu memiliki banyak manfaat selain menunjang program smart city. Menurutnya, kerja sama dengan Gojek meningkatkan literasi digital masyarakat yang mendukung pertumbuhan ekonomi.

"Saat ini orientasinya setiap kegiatan bisa masuk pada Smart City. Dengan demikian, pemerintah harus memberikan literasi pada masyarakat. Tak hanya literasi tapi juga difasilitasi," katanya seperti dikutip Jumat (15/1/2021).

Sutiaji menuturkan dengan kegiatan ekonomi digital yang makin berkembang, Pemkot Malang mengharapkan tingkat pendapatan daerah juga ikut meningkat. Dia menuturkan kerja sama smart city dengan Gojek memiliki beberapa bidang kegiatan prioritas.

Kerja sama ini, lanjutnya, menyasar peningkatan kegiatan pariwisata di Kota Malang dan mendorong berkembangnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Pada gilirannya, hasil perputaran ekonomi mampu meningkatkan penerimaan pajak daerah di masa depan.

"Ada korelasinya ke arah sana. Sehingga peningkatan income per-capita kita bisa naik. Di mana salah satu komponennya adalah bagaimana UMKM bisa bangkit," ungkapnya.

Sementara itu, seperti dilansir suarajatimpost.com, Head of Government Relations East Java Gojek Boy Arno Muhamad mengatakan digitalisasi sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan masyarakat pada saat ini.

Oleh karena itu, aplikasi Gojek hadir sebagai solusi kebutuhan digital masyarakat yang tidak hanya sebatas pada pemenuhan kebutuhan pribadi tapi juga menjadi sarana penghubung kepada sistem administrasi pemerintah daerah.

"Ini sebagai bentuk semangat untuk menjadikan Kota Malang sebagai smart tourism dan digital tourism. Lewat Go Bills nanti masyarakat bisa membayar pajak tanpa harus ke kantor pajak. Lalu lewat Go Tix, masyarakat bisa tahu informasi wisata hingga pesan tiketnya," imbuhnya. (Bsi)

Sumber: https://news.ddtc.co.id/genjot-pendapatan-daerah-pemkot-teken-mou-dengan-gojek-27039


Posting Komentar

0 Komentar