Layanan Berbasis Digital Terus Ditingkatkan, Smart Government Jadi Kunci


Layanan berbasis digital menjadi sebuah kebutuhan yang terus dituntut oleh masyarakat. Melalui berbagai aplikasi yang dikembangkan, Pemerintah Kota Malang melalui masing-masing Perangkat Daerah (PD) nampaknya juga terus melakukan pembenahan layanan.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, sebagaimana perencanaan yang disusun dalam program The Future of Malang, layanan berbasis digital atau digital services sudah dipetakan. Di mana setiap layanan memang disiapkan untuk bisa dimaksimalkan secara digital.

"Roadmap telah disusun, dan arah dari The Future of Malang salah satunya adalah Digital Services tersebut," katanya.

Untuk saat ini, lanjutnya, smart government menjadi tonggak yang paling penting. Ketika pemerintah telah menyelesaikan setiap pemenuhan data dan saling terpadu antara setiap Perangkat Daerah, maka itu akan berimbas pada layanan yang lebih prima.

"Kalau sudah smart government, maka itu akan berpengaruh pada banyak aspek, termasuk kenyamanan sebagai tempat untuk dihuni hingga perekonomian yang berjalan lebih lancar," imbuhnya.

Dia juga menekankan jika layanan berbasis digital memiliki cita-cita sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang, yaitu semangat keterbukaan. Melalui akses yang terbuka itu, diyakini kebutuhan masyarakat juga akan lebih mudah terpenuhi.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang, Dwi Rahayu menjelaskan, roadmap smart city yang disiapkan Pemerintah Kota Malang telah diselaraskan dengan konsepsi Malang Services. Selain itu, Pemerintah Kota Malang juga telah menetapkan SK Walikota 2013/2018 tentang Tim Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

"Kota Malang telah mengembangkan lebih dari 60 aplikasi untuk fungsi administrasi pemerintahan maupun layanan publik," terangnya.

Perecepatan integrasi teknologi informasi juga menjadi salah satu bagian di dalamnya. Diantaranya adalah melalui sistem respon cepat, pemanfaatan Big Data dan Geo Spasial, optimalisasi Command Center, pembentukan tim koordinasi daerah untuk SPBE, penguatan SOP seluruh aplikasi berbasis IT, hingga kerjasama aplikasi berbagi Pakai, dan kemitraan dengan Perguruan Tinggi.


Sumber: https://jatimtimes.com/baca/231374/20201216/184100/layanan-berbasis-digital-terus-ditingkatkan-smart-government-jadi-kunci



Posting Komentar

0 Komentar