MGN Summit Indonesia 2021: Mengoptimalkan Sumber Energi Terbarukan


Emisi yang dihasilkan dari bahan bakar fosil untuk transportasi menjadi salah satu penyumbang emisi gas rumah kaca terbesar.

Lebih dari 50 persen sumber listrik Indonesia berasal dari bahan bakar fosil yaitu batu bara. Sebagian besar batu bara Indonesia berada di kawasan hutan alam, artinya untuk membuka pertambangan harus mengorbankan hutan alam yang begitu berharga.

Sementara, di Indonesia emisi karbon terbesar berasal dari deforestasi atau penggundulan hutan. Indonesia harus segera menghentikan ketergantungan yang sangat tinggi terhadap batu bara. Serta segera memanfaatkan sumber energi terbarukan secara optimal dan maksimal, khususnya di masa pandemi covid-19.

Hal ini menjadi salah satu concern yang akan dibahas dalam Media Group News Summit: Indonesia 2021 (MGN Summit) yang mengusungnya dengan tema Sustainable Energy: Green and Clean pada 27-28 Januari 2021

Tema ini nantinya akan dimoderatori oleh Direktur Pemberitaan Metro TV Areif Suditomo. Adapun narasumber dan panelis di antaranya Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri LHK Siti Nurbaya, dan Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto.

Kemudian ada pula Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas, Ketua Umum Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) Surya Dharma, hingga Peneliti CSIS Yose Rizal Damuri.

MGN Summit: Indonesia 2021 merupakan sebuah hybrid event. Acara ini menggabungkan konsep off air dan online yang terbagi ke dalam beberapa sesi. Dalam setiap sesinya, hadir beberapa pembicara dari perwakilan pemerintah, pengusaha, akademisi, dan para ahli.

Salah satu elemen penting dari MGN Summit ini adalah paparan hasil survei dari News Research Centre (NRC) Media Group News. Survei dilakukan secara nasional di 34 provinsi di Tanah Air. Survei akan menjadi pemantik dalam pembahasan di MGN Summit.

Empat hal yang disoroti dalam survei, yakni pemulihan ekonomi, kesehatan masyarakat, energi hijau, dan pariwisata. Di luar empat tema besar itu, MGN Summit juga akan membahas permasalahan terkini, terutama antisipasi dampak gelombang covid-19.

Sumber: https://m.medcom.id/ekonomi/bisnis/akWL2nLK-mgn-summit-indonesia-2021-mengoptimalkan-sumber-energi-terbarukan
































Posting Komentar

0 Komentar