MGN Summit, Komitmen Mengakselerasi Pencapaian Energi Baru Terbarukan 2025


Media Group News Summit: Indonesia 2021 (MGN Summit) bakal membahas berbagai macam isu salah satunya, sektor energi. Kegiatan ini diharapkan mengakselerasi target pemerintah terkait pencapaian Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23 persen pada 2025.
 
Hal tersebut bakal menjadi fokus pembahasan dalam tema Sustainable Energy: Green and Clean. Pembahasan ini bakal dipandu langsung Direktur Pemberitaan Metro TV Arief Suditomo.
 
"Yang kita akan gali adalah seberapa jauh implementasi dari program energi baru dan terbarukan di Indonesia itu bisa diimplementasikan sesuai dengan rencana kita," kata Arief kepada Medcom.id, Selasa, 26 Januari 2021.

Arief menuturkan hal itu penting untuk diulas lantaran pencapaian target 23 persen tidak hanya membutuhkan peran pemerintah. Sokongan dana hingga keterlibatan swasta menjadi faktor penting mewujudkan target itu.
 
"Swasta juga harus menjadi bagian atau berpartisipasi untuk menanamkan investasi dalam bidang ini," ucap Arief.
 
Pelibatan swasta, kata Arief, menarik didalami karena perlu formula matang agar sektor ini dilirik investor. Kepastian hukum dan konsistensi regulasi juga perlu kejelasan konkret.
 
"Harus pahami investor swasta itu harus datang setelah hitung-hitungan mereka menjamin mereka bakal untung. Mereka enggak mau buntung, seberapa jauh program ini terkait sama insentif yang mereka akan lakukan dan sebagainya," ujar Arief.
 
Melalui MGN Summit, diharapkan target-target yang dirancang pemerintah bisa berjalan mulus. Selain itu, semakin banyak pihak yang peduli pada program tersebut.
 
"Semakin sering mengekspos dan memaparkan banyak isu ini, akan banyak pihak yang akan tahu, bersimpati, mendukung. Itu menjadi bagian dari cita-cita kita bersama, 23 persen bauran energi kita datang dari EBT," tutur Arief.
 
Langkah-langkah kebijakan tersebut tak hanya dari sudut pandang pemerintah. Nantinya, sejumlah narasumber dan panelis ikut mengutarakan pandangan.
 
Narasumber dan panelis di antaranya Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Ketua Komisi VII DPR Sugeng Suparwoto, Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati, dan Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto. Kemudian, sejumlah akademisi dan asosiasi yang bergerak dalam sektor ini juga akan dihadirkan.
 
MGN Summit: Indonesia 2021 merupakan sebuah hybrid event. Acara ini menggabungkan konsep off air dan online yang terbagi ke dalam beberapa sesi. Dalam setiap sesi, hadir beberapa pembicara dari perwakilan pemerintah, pengusaha, akademisi, dan para ahli.
 
Salah satu elemen penting dari MGN Summit ialah paparan hasil survei dari News Research Centre (NRC) MGN. Survei dilakukan secara nasional di 34 provinsi di Tanah Air. Survei akan menjadi pemantik dalam pembahasan di MGN Summit.
 
Empat hal yang disoroti dalam survei, yakni pemulihan ekonomi, kesehatan masyarakat, energi hijau, dan pariwisata. Di luar empat tema besar itu, MGN Summit juga akan membahas permasalahan terkini, terutama antisipasi dampak gelombang covid-19.

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/xkEy1y7k-mgn-summit-komitmen-mengakselerasi-pencapaian-energi-baru-terbarukan-2025


Mari lihat dan pelajari SMART MANUFACTURING dengan solusi ADVANTECH 04 Feb 2021 - segera daftar di EVENTCERDAS.COM / https://s.id/eventcerdas4feb #aptiknas #eventcerdas #smartmanufacturing #smartfactory #advantech

Posting Komentar

0 Komentar