Startup Anak Bangsa Ini Hadirkan Teknologi Canggih di Bidang Kesehatan


Memasuki tahun 2021, UMG IdeaLab, perusahaan venture builder besutan inovator teknologi Kiwi Aliwarga, memasuki babak baru dalam pengembangan teknologi 4.0 dalam kehidupan masyarakat, salah satunya teknologi kesehatan.

Di antaranya melalui Aryaguna Technology, inovasi buatan anak bangsa yang dihadirkan UMG IdeaLab, mampu menciptakan teknologi kesehatan yang dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan pribadi secara digital dan kemajuan healthtech bagi para nakes di Indonesia.

Beberapa karya dari Aryaguna Technology adalah E3D berkonsep 3D imaging & VR Training Health. Produk E3D dapat mengubah hasil CT scan dan MRI menjadi bentuk 3D, sehingga memudahkan pasien untuk memahami hasilnya secara visual. Bagi dokter, 3D imaging mampu mengefisiensikan waktu dalam mengambil keputusan atau tindakan yang dibutuhkan pasien. Selain itu, hasil 3D imaging dapat dicetak menjadi objek 3D menggunakan 3D printer.

“Jadi, teknologi yang kami kembangkan memudahkan pemberian informasi dokter kepada pasien dengan lebih detail dan real. Dokter pun dapat mempersiapkan pre-surgery planning dengan lebih matang dan presisi,” papar CEO Aryaguna Technology Samuel Theodorus.

Sementara itu, teknologi VR Training yang saat ini dikembangkan ditujukan bagi perawat dan bidan untuk simulasi pelatihan, juga sebagai sarana belajar mahasiswa kedokteran. Saat ini, teknologi E3D sedang dalam proses penjajakan kerja sama ke beberapa rumah sakit di Jabodetabek, dan VR Training tengah dikembangkan melalui konsultasi dengan beberapa dokter dan dosen kedokteran terkait pengembangan materi pembelajaran.

Teknologi VR Training yang diusung Aryaguna Technology turut digunakan startup Perawatku. Menyasar lulusan sekolah tinggi keperawatan, Perawatku menyediakan end-to-end solution, dari rekrutmen suster, pelatihan keahlian homecare, sampai penyaluran kerja kepada pengguna.

Sebagai bukti memantapkan komitmennya dalam perkembangan teknologi kesehatan Tanah Air, UMG IdeaLab juga tengah mengembangkan smart hospital system dengan mengimplementasikan digitalisasi sistem informasi rumah sakit, menggantikan sistem pencatatan manual yang lazim digunakan rumah sakit saat ini. Tidak ketinggalan, investasi pada riset dan pengembangan juga dilakukan untuk mendeteksi penyakit melalui mata dan lidah.

Sumber:https://infokomputer.grid.id/read/122530171/startup-anak-bangsa-ini-hadirkan-teknologi-canggih-di-bidang-kesehatan?page=all







Posting Komentar

0 Komentar