Tenaga Ahli Energi Baru Terbarukan Siap Dilatih Selama 4 Tahun oleh BPSDM


Program pelatihan multidisiplin tingkat tersier dalam bidang Energi Terbarukan merupakan salah satu kerja sama yang dilakukan PSDM Kementerian ESDM dengan Sekretariat Negara Bidang Ekonomi Konfederasi Swiss (SECO). Program pelatihan yang akan dilakukan selama empat tahun ini, siap membekali para insinyur sipil, mesin, dan elektro, tentang pengetahuan seputar energi terbarukan sesuai kebutuhan pasar tenaga kerja.

Pelaksanaan program ini merupakan tindak lanjut Partnership Agreement (PA) tentang Proyek Pengembangan Keterampilan Energi Terbarukan (The Renewable Energy Skills Development-RESD) antara BPSDM dengan SECO pada 2 Desember 2020.

Kepala BPSDM Prahoro Yulijanto Nurtjahyo dalam kesempatan tersebut menyambut baik program kerja sama ini. Dia mengatakan bahwa program ini menjadi langkah strategis bagi pengembangan energi terbarukan di Indonesia.

"Kami harus dapat mengantisipasi kebutuhan energi terbarukan Indonesia di masa yang akan datang, sehingga dapat menyediakan apa yang akan menjadi kebutuhan sektor," ujar Prahoro.

Dalam pelaksanaan program ini, BPSDM akan memfokuskan pada PEM Akamigas yang berada di Cepu, dengan mempertimbangkan fasilitas pendukung yang sudah memadai. Pihak SECO melalui Agensi Pelaksana kemudian akan memberikan pendampingan teknis, menjalankan kegiatan pembangunan kapasitas, serta melaksanakan program twinning antara PEM Akamigas dengan salah satu dari 5 politeknik di Swiss yang memiliki spesialisasi di bidang energi terbarukan.

Dengan terlaksananya program ini, diharapkan pada saat berakhirnya program diharapkan Indonesia sudah memiliki tenaga ahli dengan kualifikasi internasional yang dapat memenuhi kebutuhan subsektor energi terbarukan di masa yang akan datang.

BPSDM Kementerian ESDM akan senantiasa berinovasi untuk mencetak tenaga spesialis untuk menjawab tantangan di bidang Energi dan Sumber Daya Mineral.

Sumber: https://m.liputan6.com/bisnis/read/4463282/tenaga-ahli-energi-baru-terbarukan-siap-dilatih-selama-4-tahun-oleh-bpsdm

Posting Komentar

0 Komentar