Apa Akibatnya Jika Tidak Ada Energi Alternatif?


Manusia hidup dengan membutuhkan energi untuk memenuhi segala macam kebutuhannya. Untuk beraktivitas kita memerlukan energi dari makanan dan minuman.

Untuk berpergian kita memerlukan energi untuk bahan bakar alat transportasi, bahkan untuk melihat dalam gelap kita membutuhkan energi untuk membangkitkan listrik.

Manusia sangatlah bergantung pada energi fosil berupa minyak Bumi dan batu bara untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun pembakaran bahan bakar fosil berdampak buruk bagi kehidupan rumah Bumi karena melepaskan banyak gas rumah kaca yang merusak ozon.

Untuk itulah manusia mulai mengembangkan energi alternatif. Dilansir dari National Geographic, energi alternatif atau energi terbarukan adalah energi pengganti energi fosil yang tidak akan habis dan lebih ramah lingkungan.

Mengapa Energi Alternatif Sangat Penting Bagi Kehidupan?

Energi alternatif sangatlah penting karena energi ini tidak akan habis dan akan selalu diperbaharui. Energi alternatif tidak seperti energi fosil yang terbatas dan suatu saat akan habis karena tidak bisa diperbaharui.

Tanpa adanya energi alternatif, energi fosil akan terus digunakan dan mengemisikan gas-gas beracun dalam jumlah besar. Gas-gas beracun ini kemudian akan merusak Bumi dan menganggu kehidupan manusia.

Itupun jika manusia tidak kehabisan energi fosil lebih dulu sebelum dampak penggunaannya merusak Bumi secara keseluruhan.

Dilansir dari The Millennium Alliance for Humanity & the Biosphere, diperkirakan bahwa minyak Bumi akan habis pada tahun 2052, gas alam akan habis pada tahun 2060, dan batu bara hanya akan bertahan hingga tahun 2090 jika terus-menerus dikonsumsi seperti saat ini.

Hal ini berarti jika kita tidak menghemat pemakaian minyak Bumi, dalam waktu 30 tahun manusia tidak akan lagi bisa mendapatkan bensin, solar, aspal, gas LPG, juga bahan bakar pesawat dan kapal laut. Aktivitas manusia akan lumpuh begitu juga dengan perekonomian yang akan hancur.

Bayangkan 70 tahun mendatang kamu bangun dalam kondisi tubuh yang sudah tua, tidak ada listrik, tidak ada air yang mengalir, tidak ada mobil dan motor yang menyala, bahkan mungkin tidak ada industry besar yang bertahan karena tidak adanya energi.

Inilah mengapa energi alternatif berperan sangat penting, sebagai energi baru yang akan menyokong kehidupan manusia saat energi fosil hampir habis.

Sumber energi alternatif seperti air, angin, Matahari, panas Bumi, dan Biomassa dapat menyediakan sumber energi yang ramah lingkungan dan tidak akan habis. Hal ini membuat energi alternatif menjadi harapan bagi manusia untuk bertahan hidup dan mempertahankan peradabannya.

Sumber: https://www.kompas.com/skola/read/2021/02/16/153045269/apa-akibatnya-jika-tidak-ada-energi-alternatif




Posting Komentar

0 Komentar