ESDM Targetkan Pembangunan 25 Smart Grid


Pemerintah telah menargetkan pembangunan 25 Smart Grid dalam empat tahun ke depan.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana mengatakan jika target pembangunan smart grid sebelumya telah terangkum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJPM).

“Smart Grid dalam sudah ditetapkan dalam pengembangan sistem di Jawa-Bali. Targetnya, setiap tahun mulai tahun 2020 sampai 2024 diinstal lima sistem baru di Jawa-Bali. Dalam lima tahun ke depan akan dibangun dua puluh lima sistem Smart Grid baru,” demikian ungkap Rida belum lama ini.

Dalam meningkatkan keandalan sistem tenaga listrik, Smart Grid dipercaya menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan efisiensi dalam pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, Smart Grid dapat meningkatkan fleksibilitas transmisi agar dapat lebih banyak menerima Variable Renewable Energy (VRE).

Teknologi Smart Grid ini merupakan upaya Pemerintah dalam penyediaan listrik nasional sehingga seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan listrik dalam jumlah yang cukup, dengan kualitas yang baik, dan dengan harga yang terjangkau.

"Pemanfaatan teknologi Smart Grid tidak terbatas pada konsumen listrik perkotaan dan skala besar, teknologi Smart Grid juga dapat dimanfaatkan pada Smart Micro Grids skala kecil di pedesaan dan daerah terpencil dengan akses yang sulit ke jaringan transmisi," tutup Rida.

Seperti diketahui, Smart Grid merupakan sistem jaringan tenaga listrik yang dilengkapi dengan teknologi informasi dan teknologi komunikasi canggih yang dapat memungkinkan sistem pengaturan tenaga listrik secara efisien, menyediakan keandalan pasokan tenaga listrik yang tinggi, pemanfaatan sumber energi terbarukan dan memungkinkan partisipasi pelanggan dalam penyediaan tenaga listrik.

Sumber: https://m.radarbangsa.com/ekobis/30121/esdm-targetkan-pembangunan-25-smart-grid

Posting Komentar

0 Komentar