Pembangunan Rumah Segmen MBR di Koridor Timur Jakarta Capai 73 Persen

Ketua Satgas Pengamanan dan Pengendalian Program Sejuta Rumah (P2PSR) Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Lucky Harry Korah mengatakan pembangunan properti produk residensial segmen masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di koridor timur Jakarta mencapai 73 persen.

"Sekarang yang sudah ada 73 persen, ada detailnya mana rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), dan masyarakat menengah," kata Lucky dalam property talkshow bertajuk Pentingnya Investasi Rumah di Koridor Timur Jakarta Saat Pandemi, Selasa (23/2/2021).

Lucky mengatakan, pembangunan infrastruktur di koridor timur Jakarta yang masif membuat kawasan ini semakin diminati konsumen 

"Kawasan koridor timur ini memang mempunyai tingkat pertumbuhan yang cukup pesat dalam satu dekade terakhir. Terlebih pengembangan kawasan ini juga ditambah dukungan infrastruktur yang sangat memadai,” ucap dia.

Lucky mengatakan Koridor Timur Jakarta di mana seluruh infrastruktur luar biasa sedang dikembangkan di kawasan ini.

“Wilayah Cikarang sendiri merupakan salah satu daerah di koridor timur dengan perkembangan yang sangat baik, ditambah pertumbuhan penduduk di daerah ini sangat pesat dengan berbagai industri yang mendukung sumber ekonomi di daerah ini,” tegasnya.

Lucky menambahkan, selain memiliki aksesibilitas yang bagus dari sisi infrastruktur, kawasan koridor timur dikenal sebagai salah satu kawasan industri dan hunian yang terbesar di Asia Tenggara.

Kemajuan di Koridor Timur Jakarta ini didukung oleh komitmen Pemerintah yang ditunjukkan oleh beberapa proyek infrastruktur seperti LRT (Light Rapid Transit) Jabodebek, Kereta Api Berkecepatan Tinggi Jakarta-Bandung, pelabuhan Laut Dalam Patimban hingga bandara Kertajati telah beroperasi sejak 2018.

Menurut Lucky, kehadiran Perpres Nomor 60 tahun 2020 tentang rencana tata ruang pengembangan kawasan perkotaan Jabodetabekpunjur juga menjadi pendukung bagi kalangan pengembang atau developer untuk ikut serta dalam mengembangkan kawasan koridor timur ini.

“Koridor timur Jakarta memang diproyeksi menjadi masa depan investasi Indonesia. Sebab, sejumlah industri multinasional besar berada di kawasan ini telah mengubah wajah kawasan ini menjadi lebih modern,” imbuhnya.

Lucky menambahkan, infrastruktur yang lengkap di koridor Timur Jakarta, berpotensi besar bagi developer untuk mengembangkan proyeknya, dan menjadi peluang bagi masyarakat untuk memiliki hunian yang terjangkau.

“Komposisi potential market di Koridor Timur Jakarta, didominasi dengan pembangunan hunian yang terjangkau. Hal ini, menjadi salah satu pertimbangan konsumen untuk memilih huniannya di kawasan ini,” tandasnya.

Entrepreneur Stella Natalia mengatakan, kawasan koridor timur menjadi pilihan sebagai kawasan hunian yang cocok untuk mendukung lifestyle masyarakat pada masa pandemi.

Ketua Satgas Pengamanan dan Pengendalian Program Sejuta Rumah (P2PSR) Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Lucky Harry Korah. 

“Komposisi potential market di Koridor Timur Jakarta, didominasi dengan pembangunan hunian yang terjangkau. Hal ini, menjadi salah satu pertimbangan konsumen untuk memilih huniannya di kawasan ini,” tandasnya.

Entrepreneur Stella Natalia mengatakan, kawasan koridor timur menjadi pilihan sebagai kawasan hunian yang cocok untuk mendukung lifestyle masyarakat pada masa pandemi.

“Pasalnya, saat pandemi hampir 90 persen kegiatan dilakukan dirumah, untuk itu masyarakat perlu memilih rumah yang nyaman, mendukung connectivity, dan penuh dengan fasilitas pendukung disekitarnya,” kata Puteri Indonesia Kep Indonesia Timur 2019 ini.

Menurut Stella, jenis rumah yang cocok untuk masa pandemi saat ini adalah yang nyaman digunakan untuk bekerja, sirkulasi udara yang bagus, open space sehingga terlihat lebih lega, dekat dengan fasilitas pendukung seperti area komersial, taman, sekolah hingga rumah ibadah serta akses yang mudah dijangkau.

“Sehingga, rumah yang dibeli tersebut memiliki nilai investasi yang bagus kedepannya,” ungkap Stella Natalia yang saat ini tinggal di kawasan perumahan Lippo Cikarang.

Sumber: https://m.tribunnews.com/bisnis/2021/02/23/pembangunan-rumah-segmen-mbr-di-koridor-timur-jakarta-capai-73-persen







Posting Komentar

0 Komentar