Pemkot Pasang 356 Titik Wifi Gratis di Yogyakarta, Ini Lokasinya


Sudah ada sekitar 356 titik wifi atau hotspot gratis yang dipasang oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta hingga 3 Februari 2021.

Ratusan titik wifi gratis tersebut terpasang di sejumlah lokasi publik seperti terbuka hijau publik (rthp) termasuk di sejumlah RW.

“356 titik wifi gratis tersebut juga telah terpasang di sejumlah rumah ibadah seperti masjid, gereja dan musola,” ujar Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominfosan) Kota Yogyakarta, Tri Hastono seperti dikutip dari laman Pemkot Yogyakarta www.jogjakota.go.id , Rabu (3/2).

Pemasangan ratusan hotspot tersebut bertujuan untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat akan akses internet secara gratis.

Tri menjelaskan, perluasan layanan wifi gratis ini karena di masa pandemi banyak warga masyarakat yang membutuhkan akses internet.

“Terutama untuk mendukung bidang pendidikan dan tentunya bisa dimanfaatkan juga untuk kebutuhan lain seperti mendukung peningkatan ekonomi masyarakat," jelasnya.

Ia menyebutkan, Kota Yogyakarta yang tidak terlalu luas memiliki kelebihan yaitu tidak ada satupun lokasi yang mengalami blank spot untuk akses internet, baik dari layanan fiber optic maupun dari jaringan telepon selular.

Menurutmya keberadaan wifi publik gratis tersebut juga akan mempermudah masyarakat mengakses berbagai layanan publik dari Pemkot Yogya yang sebagian besar sudah bisa diakses secara daring.

“Pemenuhan jaringan wifi publik di Kota Yogya menjadi bagian tidak terpisahkan dari upaya Pemkot Yogya untuk menjadi smart city,” tuturnya.

Ia menambahkan, selain tetap mengembangkan aplikasi Jogja Smart Service (JSS), layanan akses internet gratis ini juga diproyeksikan menjadi balaikota digital.

“Tentunya, layanan internet dengan wifi publik tersebut sudah disaring sehingga aman digunakan,” tambahnya.

Sumber: https://gudeg.net/read/17188/pemkot-pasang-356-titik-wifi-gratis-di-yogyakarta-ini-lokasinya.html


Kata siapa UMKM tidak perlu melek keamanan siber (cybersecurity) ? Kami akan membahasnya bersama pak Didi Nurcahya, ITIL®, GSEC - di 16 Feb 2021, pastikan anda terdaftar di https://s.id/eventcerdas16feb . #aptiknas #eventcerdas #dtechcorp #cybersecurity #keamanansiber #cyberawarenes

Posting Komentar

0 Komentar