PJU Kini Dikelola Dishub Gresik, Fokus Perbaikan Jaringan Listrik dengan Pola IT

Penerangan Jalan Umum atau PJU yang sebelumnya ditangani Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR), pada tahun ini mulai dikelola oleh Dishub Gresik, Jawa Timur. Ke depan, pengelolaan bakal dilakukan dengan lebih baik.

Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 27 Tahun 2018. Untuk anggaran pemeliharaan dan perawatan PJU, DPRD Gresik menyetujui anggaran Rp 10,4 Miliar untuk pengadaan dan Rp 5,2 Miliar untuk pemeliharaan.

Kepala Dishub Gresik Nanang Setiawan mengatakan, untuk tahap pertama pihaknya bakal fokus perbaikan jaringan. Hal ini penting agar bisa memonitoring apakah lampu masih menyala atau padam.

Diungkapkan dia, kerusakan akibat jaringan listrik memicu lampu padam disejumlah wilayah. "Persiapan dengan embuat perencanaan teknis untuk pengadaan PJU yg baru. Kalau terkait kerusakan jaringan kurang lebih 20 persen," katanya, Kamis (4/2/2021).

Untuk mengoptimalkan pemeliharaan, Nanang menjelaskan pihaknya membagi jajarannya menjadi empat tim. Terkait penambahan jumlah PJU, akan dibangun merata diseluruh kecamatan. Sesuai dengan kebutuhan masing-masing wilayah.

"Untuk detail ruas saya tidak, yang jelas seluruh kecamatan termasuk Bawean ada penambahan. Ada empat tim yang kami bentuk untuk pengawasan wilayah kota, utara, selatan barat dan selatan timur," ungkapnya, menambahkan.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemeliharaan Bidang Sarana dan Prasarana Dishub, A. Fathoni mengatakan dalam pemeliharaan PJU pihaknya akan fokus pemelihaaran pola berbasis informasi teknologi (IT).

"Jadi program kami juga nanti pengawasannya PJU padam langsung bisa dipantau pimpinan kami melalui ponsel. Selain jaringan, pola pengembangan IT akan dikembangkan. Terkait teknis masih kita perdalam programnya," terangnya.

Fathoni menjelaskan, jajarannya ingin memberikan layanan terbaik ke masyarakat, utamanya pengguna jalan. Jika, IT bisa disambungkan dengan keadaan PJU, maka nantinya akan bagus diterapkan.

Selain itu diungkapkan dia, Dishub juga bakal fokus efisiensi PJU. Salah satunya dengan mengganti lampu LED dengan daya yang lebih rendah namun kualitas lebih bagus. "Jadi selain IT, kami juga fokus dalam efisiensi salah satunya penggantian lampu LED. Ini jika bisa maka kita juga akan hemat dari sisi pembayaran listrik," terang Kasi Seksi Pemeliharaan Dishub Gresik.

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/325637/pju-kini-dikelola-dishub-gresik-fokus-perbaikan-jaringan-listrik-dengan-pola-it










 

Posting Komentar

0 Komentar