Qlue Klaim Sukses Dukung Pertamina Retail Tegakkan Protokol Kesehatan


Qlue hari ini mengklaim keberhasilannya mendukung Pertamina Retail dalam menegakkan protokol kesehatan sehubungan COVID-19 terhadap pengunjung yang hendak mengisi BBM tatkala libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 yang baru lalu. Qlue memasang perangkat yang disebut Qlue Thermal di berbagai Pertashop milik Pertamina Retail di sepanjang Pulau Jawa. Qlue Thermal akan mendeteksi suhu tubuh dan penggunaan masker pengunjung yang hendak mengisi BBM. Hanya pengunjung yang lulus pemeriksaan yang diperbolehkan mengisi BBM.

Pertashop sendiri bisa dibilang sebagai SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) mini alias pom bensin mini. Kemitraan Pertashop pun terbuka untuk masyarakat umum. Wabah COVID-19 memang melanda Indonesia sejak kuartal pertama tahun lalu dan penegakan protokol kesehatan yang sesuai digalakkan pemerintah untuk menekan penyebaran COVID-19 tersebut. Pentingnya penegakan protokol kesehatan sehubungan COVID-19 itu pun tercermin dari masih banyaknya kasus COVID-19 baru di tanah air setiap harinya. Kemarin misalnya, mengutip Kompas.com, terdapat sebanyak 12.001 kasus COVID-19 baru di Indonesia.

“Pada periode libur panjang Oktober dan November lalu, kasus positif COVID-19 di Indonesia mengalami lonjakan yang cukup tinggi. Kita semua tentu tidak ingin hal ini terulang kembali. Qlue berkolaborasi dengan Pertamina Patra Niaga untuk menyediakan QlueThermal di berbagai gerai Pertashop yang berada di jalur-jalur utama di Pulau Jawa. Melalui kolaborasi ini, kami berharap untuk membantu pemerintah dalam menurunkan kurva penyebaran COVID-19,” ujar Rama Raditya (Founder dan CEO Qlue).

“Kolaborasi dengan Qlue merupakan komitmen kami dalam menegakkan protokol kesehatan dan membantu pemerintah dalam menekan laju penyebaran COVID-19 terutama di Pulau Jawa. Kami mempercayai Qlue karena Qlue merupakan karya anak bangsa yang memiliki rekam jejak yang baik di industri smart city dan sudah memberikan dampak sosial yang besar terhadap pembangunan kota-kota di Indonesia,” sebut Putut Andriatno (Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial and Trading).

Qlue menyebutkan telah memasang sebanyak 22 QlueThermal. Adapun posisi Pertashop yang dipasangi QlueThermal tersebut terletak di jalur Jakarta - Cipali - Solo - Semarang - Pejagan - Probolinggo - Malang - Surabaya dan Jakarta - Cibalong - Pangandaran - Garut - Cianjur. Qlue menambahkan pula bahwa sejak diimplementasikan pada 19 Desember 2020, QlueThermal yang terpasang telah berhasil membantu melakukan pemeriksaan secara otomatis ke lebih dari 16,000 pengunjung Pertashop. Dari seluruh pengujung Pertashop itu, sekitar 18% kedapatan tidak disiplin mengenakan masker. Namun, Qlue tidak menyampaikan porsi pengunjung Pertashop yang memiliki suhu melebihi ambang.

Adapun QlueThermal dilengkapi dengan kamera berkemampuan termal dan memanfaatkan AI (artificial intelligence). Kemampuan termal tentunya untuk mendeteksi suhu tubuh, sedangkan AI untuk mengenali penggunaan masker. Qlue mengklaim AI yang hadir pada QlueThermal bisa mengenali lebih dari 100 jenis masker dengan tingkat akurasi 98,5%. Dibandingkan pemeriksaan konvensional yang membutuhkan petugas, QlueThermal lebih efisien selain tentunya bisa meminimalkan kontak. Qlue pun menambahkan bahwa data-data yang terekam diintegrasikan ke sebuah dashboardDashboard ini memiliki kemampuan untuk menganalisis data dan memberikan rekomendasi kepada "pemilik" seperti Pertamina Retail.

Sumber: https://infokomputer.grid.id/read/122537326/qlue-klaim-sukses-dukung-pertamina-retail-tegakkan-protokol-kesehatan?page=all

Posting Komentar

0 Komentar