Sandiaga Uno Minta Kawasan Geopark Manfaatkan Energi Baru Terbarukan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bertemu dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Rabu, 3 Februari 2021. Dalam pertemuan ini, Sandiaga menyebut kedua kementerian akan berkolaborasi mengembangkan kawasan geopark.

Dia pun meminta kawasan geopark memanfaatkan energi baru dan terbarukan. "Kami sepakat fokus dulu untuk pengembangan di beberapa (geopark) yang dekat dengan destinasi-destinasi yang sudah sentral," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis seperti dikutip pada Kamis, 4 Februari 2021.

Geopark merupakan wilayah geografis terpadu yang mengedepankan perlindungan lanskap dan situs geologi berkelanjutan. Sandiaga mengatakan Indonesia memiliki 40 kawasan geopark atau geoheritage yang tersebar di berbagai provinsi.

Dari 40 geopark tersebut, lima di antaranya telah ditetapkan sebagai situs global geopark oleh UNESCO. Kelima kawasan tersebut adalah Geopark Batur, Bali; Geopark Gunung Sewu, Di Yogyakarta-Jawa Tengah-Jawa Timur; Geopark Rinjani, Nusa Tenggara Barat; Geopark Ciletuh Pelabuhanratu, Jawa Barat; dan Geopark Kaldera Toba, Sumatra Utara.

Di kawasan geopark, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjaga keseimbangan antara konservasi, edukasi, serta kesejahteraan ekonomi masyarakat. Sandiaga mengungkapkan Kementerian ESDM akan memberikan dukungan pengadaan infrastruktur di kawasan geopark

Adapun Arifin Tasrif menyatakan kolaborasi ini merupakan dukungan untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi Covid-19. "Prinsipnya Kementerian ESDM mendukung untuk mempromosikan potensi-potensi wisata kita supaya Indonesia lebih banyak dikenal, tapi didukung juga dengan infrastruktur yang baik," ucapnya.

Sebelumnya Sandiaga Uno berharap sebagian dari total pengeluaran dari wisatawan asal Indonesia yang mencapai Rp 150 triliun per tahun itu bisa dialihkan untuk menghidupkan pariwisata domestik. "Kalau kita alihkan 20 sampai 30 persen saja, itu bisa mencapai Rp 50 triliun," kata Sandiaga dalam Media Group Summit virtual pada Kamis, 28 Januari 2021.

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1429562/sandiaga-uno-minta-kawasan-geopark-manfaatkan-energi-baru-terbarukan







 

Posting Komentar

0 Komentar