Seksinya Bisnis Logistik Indonesia

  Mendengarkan paparan dan diskusi dalam EVENTCERDAS.COM yang membahas Solusi Cerdas Logistik untuk UMKM bersama HAISTAR di tanggal 26 Feb 2021 sangat menarik. Kali ini HAISTAR diwakili Pak Rifani Budi Kristanto, yang sudah memiliki pengalaman malang melintang di dunia logistik Indonesia.

Adapun kegiatan ini adalah bagian dari kegiatan UKM Naik Kelas APTIKNAS yang didukung program StartSMEup - start Small Medium Enterprise Up yang telah ada sejak 2018. Adapun semenjak pandemi, kegiatannya berubah menjadi webinar di platform EVENTCERDAS. StartSMEup digawangi oleh Fanky Christian sebagai foundernya.

Coba kita bedah betapa menarik nya usaha logistik ini di Indonesia.

Pertama, perkembangan dunia ecommerce Indonesia yang meningkat pesat , terutama dalam waktu 3 tahun terakhir ini, apalagi semenjak pandemi. Hampir semua orang membeli via online, dan sekarang juga termasuk banyak BUMN yang memiliki fokus menggarap UMKM. HAISTAR sendiri mendukung UMKM BRI dalam program Indonesia Mall.

Kedua, ribetnya mengurus bisnis online. Buat sebagian orang kelihatannya mudah sekali masuk dan jualan online, tapi sesungguhnya ada ribetnya. Apa itu? Proses dan pencatatan yang manual. Kalau sedikit transaksinya mungkin masih bisa ditangani , kalau banyak, mulailah pusing.

Lalu, tidak sedikit juga rumah jadi kantor, kantor jadi rumah. Karena apa? Perlu tempat simpan barang.

Yang paling pusing, mengurusi stok dan pengiriman barang. Stok kalau barangnya besar mungkin mudah, tapi kalau barangnya fashion, kuliner dan sangat banyak jenis nya (SKU) tentu akan membuat anda pusing.

Dan terakhir, masalah klasik UMKM, tidak ada karyawan, tidak punya orang, sekalinya ada orangnya - tidak mampu orangnya.

Disinilah HAISTAR berperan. Ekosistem HAISTAR sangat mumpuni membantu UMKM. Dari hulu ke hilir. Anda akan mengenal mereka dalam merek yang berbeda, tapi punya tujuan yang sama, membantu anda, terutama UMKM Indonesia.

Silahkan kalau mau mendengar lebih lengkap bisa menyimak webinarnya dibawah ini.


Nantikan terus acara STARTSMEUP setiap jumat sore di kanal youtube EVENTCERDAS. Tetap semangat UMKM Indonesia.

SUMBER: https://www.kompasiana.com/startmeup/603af4808ede485c0818a3f2/sexy-nya-bisnis-logistik-indonesia

Posting Komentar

0 Komentar