SIKIPA, Aplikasi Karya Warga Kota Malang Permudah Administrasi Kependudukan Tingkat RT

Warga Kota Malang, Duitarama Ade Wijaya, menggagas aplikasi bernama SIKIPA. Aplikasi ini dikonsep dengan ciamik agar mempermudah masyarakat mengurus administrasi kependudukan mulai tingkat terendah yakni RT.

Pria yang akrab disapa Rama itu menerangkan bahwa sistem ini dibuat untuk mengakomodir keluh kesah yang telah disampaikan oleh Ketua RT 04 Bareng kepadanya.

"Perlu adanya sistem aplikasi yang dapat memudahkan kinerja dalam administrasi kependudukan ini. Untuk itu, muncul ide membuat aplikasi SIKIPA," ujar Rama, Senin (8/2/2021).

Nama "SIKIPA" sendiri diambil dari bahasa Malangan yang juga bisa disebut "Si-Apik" atau dalam bahasa Indonesia berarti "Si Bagus". Sedangkan untuk kepanjangan dari "SIKIPA" adalah Sistem Informasi Kependudukan yang terIntegrasi dan Pelayanan Administrasi.

"Karena kita orang Malang, saya menamakan sistem ini dengan identik bahasa Malangan yang terbalik, agar mudah diingat namun tetap memiliki filosofi makna yang kuat," imbuhnya.

Rama tidak sendirian dalam membuat aplikasi ini. Warga RT 04 Bareng mendukung penuh terutama karang taruna RT 04 yang selalu mensupport untuk menjadikan aplikasi ini menjadi lebih baik.

Ketua RT.04 Eky Ferdian mengatakan ide aplikasi ini berawal dari pengalamannya dalam melakukan administrasi data kependudukan di daerahnya yang dirasa masih amburadul karena dilakukan secara manual.

"Untuk itu diperlukan terobosan baru dalam administrasi kependudukan ini," tandasnya

Sementara itu, gagasan aplikasi apik ini mendapat apresiasi dan dukungan dari Pimpinan DPRD Kota Malang, Rimzah. Politisi Partai Gerindra ini berharap SIKIPA dapat bermanfaat untuk layanan data kependudukan dan administrasi persuratan.

"Aplikasi ini bagus dan sangat membantu karena dapat memudahkan administrasi," kata Rimzah saat melihat demo aplikasi.

Menurutnya, "SIKIPA" bisa menjadi sebuah sistem yang bisa memberikan informasi data kependudukan secara valid, di samping itu dengan adanya layanan persuratan di dalam aplikasi tersebut juga semakin memudahkan warga ketika mengurus surat.

"Saya bangga dengan inovasi yang dibuat oleh warga dan karang taruna dari RT.04/RW.07 Kelurahan Bareng ini, harapannya agar dapat berkelanjutan sehingga memberi kontribusi dalam mendukung kota Malang menjadi smartcity," ujarnya.

Selain itu Rimzah juga mengatakan bahwa dengan aplikasi ini bisa menjadi salah satu solusi menciptakan gaya hidup masyarakat agar melek digital. Ia optimistis SIKIPA akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

“RT 04 RW 07 Kelurahan Bareng akan jadi pilot projectnya. Tidak menutup kemungkinan RT dan RW lain akan bergabung berpartisipasi. Apalagi kalau SIKIPA ini terbukti bermanfaat, saya rasa Pemkot layak mengaplikasikannya di Kota Malang," kata alumni Hubungan Internasional Universitas Brawijaya ini. 

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/326492/sikipa-aplikasi-karya-warga-kota-malang-permudah-administrasi-kependudukan-tingkat-rt








 

Posting Komentar

0 Komentar