Cable Management yang sering dilupakan orang

 Dalam Building Better Infrastructure webinar yang ke dua, EVENTCERDAS membahas CABLE MANAGEMENT for RELIABLE DATA CENTER. Inilah yang seringkali luput dalam perhatian orang, padahal mereka sangat mempersiapkan untuk data center yang siap untuk berkembang.

Pembuatan data center seringkali bisa dilakukan oleh banyak orang.  Tapi perkabelan seringkali luput dari perhatian. Untuk itulah dalam webinar Building Better Infrastructure Talk #3 kami membahas Cable Management. 

Dalam kesempatan kali ini, hadir sebagai narasumber Pak Wayan Kurniawan dari LEGRAND INDONESIA. Kegiatan ini dipandu oleh Fanky Christian, yang juga memiliki usaha terkait dengan data center juga. 

Pembahasan menyampaikan beberapa hal penting terkait cable management, dimana 4 faktor diperhatikan.

Pertama, EFISIENSI. Data Center yang baik memperhatikan efisiensi, karena mengurangi carbon footprint , meningkatkan PUE, mengurangi kerugian daya. Maka faktor aliran udara yang baik, terutama di antara jalur-jalur kabel menjadi sangat penting. Kabel yang berantakan, tray yang tertutup membuat jalur udara, sirkulasi udara terganggu

Kedua, KETERSEDIAAN. Data center sengat memperhatikan faktor ini. Maka tidak sembarangan material digunakan, juga termasuk untuk kabel tray. 

Ketiga. SKALABILITAS. Kadang kita hanya membangun data center untuk kapasitas terbatas, tanpa mempertimbangkan kesiapan ekspansi, pengembangan. Maka kabel tray juga harus dipertimbangkan, diberikan ruang cukup.

Keempat, KEAMANAN. Data center sangat memperhatikan faktor ini. Maka test dan sertifikasi menjadi sangat penting. 

Semua ini dapat anda dengarkan ulang kembali dalam video kegiatan tersebut.

 


Silahkan kontak kami bila membutuhkan informasi detail untuk implementasi cable management di data center anda : dcim@dayaciptamandiri.com . Mari bangun data center lebih baik.


SUMBER: https://www.kompasiana.com/startmeup/604c73d48ede48741a112272/cable-management-yang-sering-dilupakan-orang

Posting Komentar

0 Komentar