Indika Energy Gandeng India Dirikan JV Penyedia PLTS


PT Indika Energy Tbk bekerja sama dengan perusahaan renewable energi asal India membentuk joint venture penyedia infrastruktur dan panel surya. Perusahaan gabungan tersebut adalah PT Empat Mitra Indika Tenaga Surya (EMITS).

Direktur Utama Indika Energy Arsjad Rasjid menjelaskan, Fourth Partner Energy merupakan perusahaan asal India yang mengoperasikan 550 MW PLTS di India dan negara negara lain. Dengan kerja sama ini maka Indika dan FPE melakukan transfer teknologi untuk bisa mengembangkan PLTS di Indonesia.

"Kerja sama ini juga merupakan komitmen Indika Energy dalam mendiversifikasi portofolio bisnis, mencapai tujuan keberlanjutan, meningkatkan kinerja ESG (Environmental, Social, Governance), serta mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target bauran EBT sebesar 23 persen pada tahun 2025.” ujar Arsjad, Ahad (7/3).

Ia mengatakan, untuk bisa merealisasikan target bauran energi dan masifnya PLTS di Indonesia butuh investasi yang tidak sedikit. Indika terbuka untuk kerja sama baik dari sisi teknologi maupun pendanaan untuk bisa mengembangkan PLTS di Indonesia.

“Untuk merealisasikan potensi ini tentunya diperlukan investasi besar dan kerja sama dari berbagai pihak. Indika Energy berkomitmen menjadi bagian dari perjalanan Indonesia dalam memaksimalkan potensi yang dimiliki melalui kerja sama dengan mitra berpengalaman guna menghadirkan solusi tenaga surya yang terpercaya dan berbiaya kompetitif bagi Tanah Air.” ujar Arsjad.

Sementara itu, bagi Indika Energy, pendirian EMITS akan berkontribusi terhadap pencapaian komitmen perusahaan untuk meningkatkan porsi pendapatan dari sektor nonbatu bara sebesar 50 persen pada tahun 2025.

“Indonesia memiliki potensi yang sangat besar di sektor energi terbarukan dan saat ini kami melihat mulai meningkatnya permintaan atas solusi energi bersih dan ramah lingkungan. Indika Energy berkomitmen untuk berkontribusi secara signifikan dan terus menjalankan bisnis secara berkelanjutan,” kata Arsjad.

Co-Founder dan Executive Director Fourth Partner Energy, Vivek Subramanian mengatakan kerja sama ini salah satu langkah perusahaan untuk bisa meningkatkan portofolio perusahaan dan juga mengembangkan pasar PLTS.

"Ini salah satu cara ekspansi pasar kami terutama di Asia Tenggara. Indonesia juga punya potensi pengembangan surya yang besar. Dengan kompetensi yang dimiliki Indika Energy, serta keahlian kami di bidang energi terbarukan, kami yakin EMITS akan menjadi platform solusi energi terbarukan yang terdepan di Indonesia.” ujar Vivek.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif menyambut baik inisiatif ini. Arifin mengatakan sangat mengapresiasi inisiatif Indika Energy dan kemitraannya yang merupakan langkah konkrit dalam pemanfaatan energi bersih sekaligus dapat secara langsung berkontribusi untuk akselerasi pencapaian target bauran EBT 23 persen pada tahun 2025.

“Kami berharap dengan didirikannya EMITS ini dapat meningkatkan investasi di bidang infrastruktur EBT, mampu menghadirkan inovasi teknologi yang lebih handal, efisien, murah dan ramah lingkungan serta menyerap tenaga kerja dan mendukung upaya pemulihan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19.

Arifin mengatakan pemerintah terbuka atas keterlibatan swasta dalam pengembangan industri PLTS di Indonesia. Langkah ini diperlukan untuk mengejar target bauran energi di Indonesia.

Sumber: https://m.republika.co.id/berita/qpkvas370/indika-energy-gandeng-india-dirikan-jv-penyedia-plts













Posting Komentar

0 Komentar