Jurus Kunci Implementasi ITSM di BUMN

Dalam kesempatan webinar DCMSOLUSI bertajuk ITSM untuk perusahaan BUMN, yang diadakan pada 24 Maret 2021 , dengan nara sumber Yuri Tinambunan dan Bapak Wawang Yusdiman dari Divisi TI JASA RAHARJA banyak pembahasan yang bisa dipetik. 

Webinar ini merupakan rangkaian webinar dari berbagai solusi PT Daya Cipta Mandiri Solusi (DCMSOLUSI) yang telah diadakan semenjak memasuki masa pandemi. Adapun topik ini diambil karena pengalaman implementasi DCMSOLUSI sebagai implementator solusi ITSM. Dan produk yang diangkat kali adalah produk ManageEngine ServiceDesk Plus. Produk ini sendiri telah ditangani DCMSOLUSI sejak 2005. 

Implementasi IT Service Management, atau manajemen Layanan TI sendiri telah digariskan jelas dalam Permen BUMN No.02/2013. Dan semenjak saat ini, banyak perusahaan BUMN berbenah diri mengikuti target layanan TI berdasarkan ITIL dan diukur berdasarkan COBIT. JASA RAHARJA sendiri telah mengimplementasikan sejak 2014, dan bersyukur DCMSOLUSI bisa ikut dalam perjalanan implementasi ini. 

Bapak Wawang Yusdiman membagikan beberapa jurus kunci untuk suksesnya implementasi ITSM diantaranya konsistensi manajemen untuk menggunakan pendekatan ITIL, kemudian mendefinisikan dalam tools ITSM, seperti ManageEngine ServiceDesk Plus ini. Tidak hanya itu, perubahan dan proses pembelajaran juga harus dilalui untuk mendapatkan hasil optimal. Dan ini memang bukan proses instan, tetapi dengan keteraturan dan konsistensi yang tinggi maka implementasi bisa berhasil. Dimulai dengan layanan helpdesk, sekarang telah berkembang dan mulai digunakan di luar Divisi TI. Tidak hanya itu, kemampuan analisa atas permasalahan (problem management), manajemen aset hingga layanan solusi (knowledgebased) telah diimplementasikan dengan baik. 

Yuri Tinambunan menjelaskan dengan baik solusi dari produk ManageEngine ServiceDesk Plus yang selama ini telah digunakan, tidak hanya oleh JASA RAHARJA tapi juga banyak BUMN lainnya. Dalam kesempatan ini juga hadir tim DCMSOLUSI, Bapak Fanky Christian selaku CEO DCMSOLUSI, Marlen Thei , Yessi Ratnasari dan Novilia Indriani dari tim sales DCMSOLUSI, semua aktif berdiskusi hampir dua jam acara berlangsung. 

Silahkan ikuti detail video kegiatan ini. Apabila ada kebutuhan implementasi ITSM dengan produk ini dapat segera menghubungi tim DCMSOLUSI (dcmsales@dayaciptamandiri.com)

 sumber: https://www.kompasiana.com/startmeup/605be10c8ede480da379bbc3/jurus-kunci-implementasi-itsm-di-bumn

Posting Komentar

0 Komentar