Kementerian ESDM: Pangsa pasar EBT global bisa mencapai 50% pada 2035


Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memproyeksikan pangsa pasar Energi Baru Terbarukan (EBT) global meningkat hingga 50% pada 2035 mendatang.

Merujuk laporan Global Energy Perspective dari McKinsey (2019) memprediksi pembangkit listrik tenaga batubara serta minyak bumi akan turun drastis digantikan dengan pembangkit listrik tenaga energi terbarukan, dengan biaya yang lebih relatif rendah.

"Masih banyak sekali peluang-peluang bagi para mahasiswa untuk mengembangkan energi baru terbarukan. Di masa depan harapannya dapat dikembangkan dengan maksimal karna peluang dari sisi ekonomi dan juga teknologinya sangat besar. Serta peluang pasarnya yang sangat terbuka lebar menjadi suatu daya tarik tersendiri," ujar Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana dalam keterangan resmi, Selasa (23/3).

Dadan melanjutkan, ada sejumlah langkah strategis yang bakal dilakukan demi mencapai target bauran EBT 23% antara lain subtitusi energi primer, konversi energi primer, penambahan kapasitas EBT, dan pemanfaatan EBT non listrik.

Dadan menyampaikan, ke depan tenaga surya akan mendominasi dalam menunjang kenaikan angka pemanfaatan energi baru terbarukan untuk pembangkit, seiring harga EBT yang semakin tahun semakin bersaing dengan energi fosil. Pemerintah pun berencana menambah kapasitas pembangkit EBT sebesar 38 Mega Watt (MW) sampai tahun 2035.

Sementara itu The International Renewable Energy Agency (IRENA) juga memproyeksikan pangsa energi global melalui Transforming Energy Scenario (TES). Diperkirakan pada tahun 2030 konsumsi batubara turun hingga 41 persen dan berlanjut hingga tahun 2050 berkurang hingga 87 persen. Sama halnya dengan konsumsi minyak bumi yang akan turun hingga 31 persen pada tahun 2030 dan akan terus turun hingga 70 % di tahun 2050. Memberikan peluang besar bagi pengembangan EBT ke depan. 

Sumber: https://industri.kontan.co.id/news/kementerian-esdm-pangsa-pasar-ebt-global-bisa-mencapai-50-pada-2035





Posting Komentar

0 Komentar