Mulai Diterapkan April, Ini Sejumlah Lokasi Kamera Tilang Elektronik di Kota Blitar...

Kota Blitar merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Timur yang akan menerapkan tilang dengan sistem elektronik.

Kapolres Blitar Kota AKBP Yudhi Hery Setiawan mengatakan, sistem tilang elektronik akan mulai dioperasikan pada April 2021.

"Kita sudah melakukan persiapan selama sekitar satu bulan terakhir. ETLE (electronic traffic law enforcement) mudah-mudahan bisa beroperasi bulan depan di Kota Blitar," ujar Yudhi usai mengikuti rapat jarak jauh peluncuran ETLE nasional, Selasa (23/3/2021).

Tilang elektronik akan diterapkan di empat titik di Kota Blitar.

"Bersama Pemerintah Kota Blitar, kita sudah tentukan empat titik yang akan dipasang kamera tilang elektronik," ujarnya.

Kasatlantas AKP Tri Nuartiko menjelaskan, empat titik tersebut di antaranya, Simpang Jalan Sodanco Supriyadi, Simpang Jalan Melati, Simpang Jalan Merdeka, dan Simpang Jalan sumatra.

Nuartiko mengatakan, pelanggar lalu lintas akan terekam kamera pengawas yang terhubung dengan aplikasi sistem tilang elektronik di Polres Blitar Kota.

Selanjutnya, pelanggar akan mendapat surat bukti pelanggaran untuk mengikuti persidangan.

"Jika tidak sidang, nomor kendaraannya akan diblokir," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Blitar Santoso memuji terobosan Polri dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat termasuk penerapan tilang elektronik.

Menurutnya, sistem tilang elektronik akan memaksa masyarakat bersikap jujur.

"Kalau masyarakat melakukan pelanggaran dia sudah tidak bisa mengelak, di situ sudah tercantum bentuk pelanggaran, kapan dan dimana dia melanggar. Tilang diantar ke rumah tinggal bayar dendanya," ujar Santoso.

Santoso menambahkan, Pemerintah Kota Blitar mendukung penerapan tilang elektronik dan berbagai terobosan pelayanan oleh Polri yang memanfaatkan kemajuan teknologi termasuk dalam pengurusan surat izin mengemudi (SIM).

Hal itu, lanjutnya, sejalan dengan upaya Pemerintah Kota Blitar menuju kota pintar atau smart city.

Sumber: https://regional.kompas.com/read/2021/03/23/132343478/mulai-diterapkan-april-ini-sejumlah-lokasi-kamera-tilang-elektronik-di-kota?page=all












Posting Komentar

0 Komentar