Optimalkan Smart City, Pemkab Kendal MoU Gandeng Digital Platform dan Perbankan

Optimalkan pengembangan ekonomi digital sebagai upaya mewujudkan smart city, pemerintah Kabupaten Kendal melakukan MoU menandatangani kerjasama dengan sejumlah stakeholder digital platform termasuk Perbankan.

Kegiatan penandatanganan kerjasama dengan sejumlah stakeholder dan dihadiri sejumlah kepala OPD terkait tersebut dilaksanakan di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kabupaten Kendal, Senin (22/3/2021).

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, penandatangan kerja sama ini dalam rangka percepatan pembangunan, khususnya di bidang UMKM di wilayahnya. Menurutnya, langkah ini salah satu upaya untuk mendongkrak perekonomian khususnya di Kabupaten Kendal.

“Kita berharap pemerintah daerah akan berdampingan dan melakukan pembinaan yang konkrit, untuk memastikan UMKM di Kendal bisa berkembang dengan baik. Sehingga bisa membuka peluang lapangan pekerjaan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kendal,” kata dia.

Diketahui, kerja sama itu diantaranya melalui pengembangan ekonomi digital dan pelayanan publik dengan PT Tokopedia, kemudian kerja sama ekonomi digital dan pelayanan publik bersama PT Aplikasi Anak Bangsa (Gojek).

Selain itu, penandatanganan kerja sama menyangkut penyelenggaraan program sekolah penggerak bersama Kemendikbud RI dan Implementasi layanan PPDB Online 2021 bersama PT Telkom Indonesia.

Selanjutnya, pemanfaatan aplikasi Grab bersama PT Grab Indonesia, dan pengelolaan taman kota dan lingkungan hidup bersama Bank Jateng, BNI, BRI dan PT Industri Gula Nasional Cepiring.

Direktur SDM PT Industri Gula Nusantara (PT IGN) Kendal, Muhammad Sonhaji mengatakan, pihaknya diberi tugas untuk memperbarui beberapa taman kota, yang ada di Kabupaten Kendal.

“Tapi untuk sementara ini, kita mengambil Taman Tugu PKK di Kecamatan Patebon, yang akan kita percantik sedemikian rupa,” ucapnya disela usai mengikuti acara penandatanganan kerjasama dengan Pemkab Kendal siang itu.

Menurutnya Taman Tugu PKK sudah menjadi ikon, lalu untuk konsepnya tidak banyak yang diubah. Sebagai bentuk sinergitas dengan pemerintah daerah, pihaknya akan menambahkan tempat bermain anak serta membuat taman dengan berbagai jenis tanaman.

“Melalui kegiatan bantuan pembangunan taman bermain anak ini, diharapkan anak-anak yang ada di lingkungan taman ini bisa menikmati ragam tanaman sekaligus arena bermain,” tandasnya

Sumber: https://sigijateng.id/2021/optimalkan-smart-city-pemkab-kendal-mou-gandeng-digital-platform-dan-perbankan/






 

Posting Komentar

0 Komentar