Pemkot Malang Merangkul Dasa Wisma Kembangkan Pasar E-Commerce

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus mengembangkan pasar e-commerce. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan ekonomi kreatif dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di masyarakat dengan merangkul ibu - ibu dasa wisma di setiap RT/RW. Langkah ini dilakukan untuk memperkuat perekonomian dan kesejahteraan warga di saat UMKM Kota Malang sudah mulai merambah pasar nasional.

"Kami akan menggandeng dasa wisma dalam mengembangkan pasar e-commerce. Ini karena riil di lapangan, ibu ibu dasa wisma lah yang justru sering bergerak dan bersentuhan langsung dengan aspek ekonomi dan sosial warga," kata Wali Kota Malang, Sutiaji, di Malang, Senin ( 8/3/2021).

Menurut Sutiaji, dari sisi penguatan data potensi ekonomi hingga tingkat RT/RW, peran aktif dasa wisma perlu juga mendapat perhatian. Pemkot Malang pun akan mengembangkan platform e-commerce yang mewadahi gerak dasa wisma.

" Ini untuk menguatkan sinergitas dalam kerangka penguatan smart city khususnya smart economy maupun smart social. Kita akan terus berproses mengembangkan dashboard dan platform digital economy service yang dapat menjadi ruang etalase penguatan ekonomi kreatif dan UMKM kota Malang," paparnya.

Ia menjelaskan, di Kota Malang, selama musim pandemi Covid-19 banyak tumbuh pelaku ekonomi perorangan. Landscape pasar juga sudah berubah dan mengalami pergeseran. Bahkan, beberapa UMKM pun juga beralih ke E Commerce dan sudah merambah pasar nasional.

"Ekonomi kreatif memang menjadi bidikan kami. UMKM yang terhubung e-commerce sudah exist di pasar nasional. Selain itu, masyarakat tidak lagi melulu ada pertemuan fisik antara produsen dan konsumen," pungkasnya.

Sumber: https://www.beritasatu.com/nasional/743335/pemkot-malang-merangkul-dasa-wisma-kembangkan-pasar-ecommerce







 

Posting Komentar

0 Komentar