Pentingnya Energi Terbarukan Untuk Atasi Krisis Perubahan Iklim


Peningkatan pemanfaatan energi terbarukan berperan penting untuk mengurangi emisi karbon guna mengatasi krisis perubahan iklim. Hal ini disampaikan oleh pakar Komunikasi Hijau Wimar Witoelar.

Ia mengatakan, pengurangan emisi karbon menjadi hal krusial dalam hal pencegahan dampak perubahan iklim yang setiap hari makin mengancam kehidupan seluruh makhluk hidup di Bumi.

"Mendorong percepatan pemanfaatan energi terbarukan menunjukkan Indonesia sangat kooperatif di mata dunia untuk mitigasi perubahan iklim,” kata Wimar berdasarkan siaran pers yanh Suara.com terima.

Apalagi, lanjut dia, Indonesia memiliki kesempatan untuk memperbesar penggunaan energi terbarukan karena memiliki potensi yang besar sekali yaitu mencapai 442,4 GW. Salah satu yang terbesar adalah dari energi air mencapai 75 GW (75.000 MW).

Pemanfaatan air sebagai energi listrik di Indonesia juga bisa mencapai kapasitas besar dan mampu mengurangi emisi karbon sangat signifikan. Misalnya, PLTA Batang Toru berkapasitas 510 MW di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara diatur untuk berkontribusi pada pengurangan emisi karbon sekitar 1,6 juta ton per tahun atau setara dengan kemampuan 12 juta pohon menyerap karbon.

"Saat ini perubahan iklim dan pandemi COVID-19 menjadi ancaman terbesar bagi kehidupan semua makhluk hidup di bumi. Krisis tersebut hanya bisa ditangani secara bersama oleh semua pihak," kata dia.

Tak hanya itu, Wimar mengatatakan jika pemanfaatan energi terbarukan juga mendukung pemulihan ekonomi dan pertumbuhan lapangan pekerjaan, termasuk dari dampak pandemi COVID-19.

Berdasarkan paparan Badan Energi Terbarukan Internasional (International Renewable Energy Agency/IRENA), transformasi energi dari fosil menuju EBT akan merangsang pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) hingga 2,4 persen.

Kemudian, fokus investasi yang mengarah kepada pemanfaatan energi terbarukan diyakini berdampak pada munculnya 42 juta lapangan pekerjaan baru secara global.

Sumber:https://www.suara.com/lifestyle/2021/03/03/155525/pentingnya-energi-terbarukan-untuk-atasi-krisis-perubahan-iklim










Posting Komentar

0 Komentar