Sukseskan Program Smart City, Pemerintah Kota Malang Tingkatkan Inovasi OPD dalam AIKID

Program Malang Smart City yang setiap tahun terus ditingkatkan oleh Pemkot Malang kali ini menemukan motivasi baru. Seperti yang diinisiasi oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Malang.

Melalui program Anugerah Inovasi Kreativitas Informasi Digital (AIKID), Diskominfo Kota Malang mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Malang untuk terus memberikan inovasi di era digital ini.

Contohnya, seperti yang saat ini diinisiasi oleh pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang melalui aplikasi halodoc untuk menunjang program vaksinasi drive thru.

Program tersebut yang bakal dilakukan pihak Dinkes Kota Malang pada HUT Kota Malang ke 107 di tanggal 1 April 2021 mendatang merupakan salah satu inovasi penunjang Smart City.

Kepala Diskominfo Kota Malang, Nur Widianto mengatakan, dalam program AIKID tersebut, pihaknya menginginkan bagaimana nanti perangkat daerah bisa memanfaatkan sosial media maupun website menjadi media kendali komunikasi.

"Jadi bagaimana setiap OPD bisa menggunakan sosial medianya sebagai informasi yang unik dan menarik. Sehingga nanti masyarakat pun antusias melihat media kita dan senang dengan informasi yang kita berikan," ujar Nur Widianto kepada TIMES Indonesia, Jumat (26/03/2021).

Selain menggugah kreativitas setiap OPD di jajaran Pemkot Malang, kata pria yang juga menjabat sebagai Plt Kabaghumas Pemkot Malang tersebut, dirinya juga ingin memunculkan semangat dari para OPD untuk bisa berlomba dalam membuat inovasi dalam bentuk digital.

"Dengan AIKID ini, akhirnya muncul semangat untuk berlomba agar masyarakat semakin antusias juga. Jadi bagaimana nanti masyarakat senang bisa berinteraksi dengan perangkat daerah dan itu pastinya lebih di permudah juga," ucapnya.

Sementara itu, seperti yang telah diberitakan sebelumnya dalam gelaran AIKID pertama kali pada Selasa (17/03/2021) lalu, Wali Kota Malang, Sutiaji juga menginginkan bagaimana kinerja setiap OPD dalam memanfatkan platform digital bisa memberikan pelayanan dan pembelajaran yang baru.

"Ini menjadi salah satu jalan komunikasi yang baik dilakukan masyarakat dengan perangkat daerah. Jadi ini bisa diviralkan inovasi ini dalam mewujudkan Malang Smart City," pungkasnya.

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/337448/sukseskan-program-smart-city-pemerintah-kota-malang-tingkatkan-inovasi-opd-dalam-aikid








 

Posting Komentar

0 Komentar