TNI AL Gandeng Telkom Group Optimalkan Maritime Hackathon


TNI Angkatan Laut melalui Dinas Pembinaan Potensi Maritim TNI AL (Dispotmaral) berupaya menggali potensi anak bangsa di bidang inovasi produk digital kemaritiman lewat kompetisi kreativitas Maritime Hackathon TA 2021. Adapun langkah ini TNI untuk memaksimalkan potensi Indonesia sebagai salah satu negara maritim terbesar di dunia. 

Kompetisi Maritime Hackathon TA 2021 memasuki tahap semifinal sejak kompetisi dibuka pada 18 Februari, salah satu tahap yang harus diikuti peserta adalah semifinal pada 25-26 Maret 2021. Dalam babak semifinal, para peserta akan melakukan coding membangun aplikasi secara live selama 24 jam. Peserta hadir secara online dari seluruh wilayah Indonesia.

Adapun peserta Maritime Hackathon TA 2021 berasal unsur masyarakat seperti pelajar, mahasiswa, dan profesional dari berbagai daerah se-Indonesia. Aplikasi yang diajukan peserta terdiri dari Mobile Application, Web Application, Olah-Analisis Data, dan Internet of Things (IoT).

"Kami sangat berterima kasih terhadap partisipasi masyarakat dalam kompetisi ini. Animo dari komunitas IT sangat tinggi, dan solusi aplikasi yang diusulkan sangat inovatif untuk mendukung tugas pokok kami dalam pembinaan potensi maritim,” kata Kadispotmaral, Brigjen TNI Mar Nuri Andrianis Djatmika dalam keterangan resmi, Ahad (28/3).

Sementara COO MDI Ventures (venture capital dari Telkom Group), Gde Ngurah Sandhy Widyasthana menambahkan kompetisi ini sangat bermanfaat untuk menjaring ide-ide kreatif dari anak bangsa.

"Kami sangat mengapresiasi gelaran ini karena dapat mendukung perkembangan industri dalam negeri melalui talenta muda dan terbuka untuk melakukan sinergi di masa mendatang,” kata Gde Ngurah Sandhy Widyasthana.

Kasubdis Binpuan Dispotmaral sekaligus Dansatgas PPKM-Maritime Hackathon TA 2021, Letkol Mar Widoyono menyebutkan, gelaran ini diikuti lebih dari 100 tim yang setelah melalui verifikasi terjaring 89 tim dalam semifinal ini.

"Laga semifinal akan menjaring 10 finalis terbaik maju ke babak final pada 5-6 April mendatang. Kompetisi Maritime Hackathon TA 2021 merebutkan total hadiah lebih dari Rp100 juta serta berbagai hadiah dari sponsor," kata Widoyono.

Anggota Komisi III DPR, Santoso mengatakan, gelaran ini merupakan terobosan baru untuk menggalang kaum milenial yang memiliki kompetensi bidang teknologi informasi dan pengolahan data.

"Generasi muda memerlukan cara tersendiri mendekati mereka dan Dispotmaral telah melakukan langkah yang tepat,” ucapnya. 

Sumber: https://m.republika.co.id/berita/qqov49349/tni-al-gandeng-telkom-group-optimalkan-maritime-hackathon









Posting Komentar

0 Komentar