UMKM Binaan Pemkot Malang Diberikan Edukasi Hingga Literasi di Era Digital


Selama pandemi Covid-19 sektor ekonomi di Indonesia memang mengalami penurunan yang sangat drastis, tak terkecuali Kota Malang. Dalam menangani penurunan ekonomi, Pemkot Malang hingga saat ini terus berupaya dalam memulihkan ekonomi melalui UMKM binaan Pemkot Malang.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, sejak pandemi Covid-19 melanda Kota Malang, pihaknya terus melakukan upaya kepada para UMKM di Kota Malang agar bisa bangkit dan mengetahui cara memasarkan di era digital saat ini.

Hal itu juga termasuk dalam program Smart City yang dicetus oleh Wali Kota Malang, dimana pastinya dalam segala sektor diberikan edukasi dan literasi dalam penggunaan format digital.

"Kita memberikan edukasi dan literasi ya. Cara upload produk bagaimana, cara share ke market place seperti apa hingga foto produk pun kita ajarkan kepada pelaku UMKM," ujar Sutiaji, Rabu (24/03/2021).

Selain itu, dalam konsepnya sendiri, pihak Pemkot Malang selama ini juga telah memberikan wadah para pelaku UMKM. Mulai dari aplikasi Bejo (Belanja Online) yang diinisiasi oleh Provinsi Jawa Timur. Lalu juga ada pengadaan melalui LPSE.

Selanjutnya, dikatakan Sutiaji, saat ini pihak Pemkot Malang sedang melakukan inventarisasi produk-produk yang belum memiliki ijin.

"Bahkan kita juga buatkan konten untuk para UMKM binaan. Untuk kemarin sudah ada 16 dan ini terus bertahap. Jadi cara ini kami lakukan dan kami berikan ke binaan UMKM di era pandemi ini," tuturnya.

Lebih jauh lagi, nantinya di tahun 2021 dan 2022 mendatang pihaknya terus mengupayakan para pelaku UMKM dalam mempermudah sertifikat halal bagi produknya.

"Kalau BPOM kan proses agak panjang mas, jadi nanti kita fasilitasi ya dalam mempermudah sertifikasi halalnya," katanya.

Sementara itu, Sutiaji menyebutkan, dalam gelaran Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Malang, pada tanggal 1 April 2021 mendatang nantinya akan digelar festival UMKM secara offline melalui Diskopindag Kota Malang.

"Insyallah kita mulai ya, bisa jadi dari Diskopindag insyallah bisa terlaksana. Nanti ada memperingati HUT itu juga ada gelaran offline untuk UMKM binaan Pemkot Malang," tandasnya. 

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/336330/umkm-binaan-pemkot-malang-diberikan-edukasi-hingga-literasi-di-era-digital








Posting Komentar

0 Komentar